Ini Penyebab Kasus Corona Di Indonesia Semakin Meningkat

Kasus positif virus corona atau COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Faktanya, itu hampir mendekati angka lima ribu dalam satu hari baru-baru ini. Apa penyebab meningkatnya kasus COVID-19?
Griffith University, Australia, ahli epidemiologi Dicky Budiman mengatakan penyebab tren peningkatan kasus korona belakangan ini di Indonesia pasti sudah dua minggu. Pasalnya, penularan virus corona kepada seseorang kemungkinan besar terjadi dalam dua pekan terakhir.

“Sebenarnya harus dipahami bahwa penularan ini sudah terjadi dua pekan lalu, paling tidak inilah pemicu atau penyebab kasus infeksi. Nah kasus infeksi ini artinya clusternya harus dilacak,” kata Dicky saat dikonfirmasi, Minggu (27/9/2020).

BACA JUGA  Tercatat Telah Lebih Dari 6 Juta Kasus Covid-19 Di India

“Jadi seharusnya tidak ada kasus dimana kita tidak tahu clusternya. Selama kita tidak tahu clusternya, artinya kita tidak bisa membendung trend peningkatan kasus COVID-19,” imbuhnya.

Diduga, sebagian besar masyarakat Indonesia yang terjangkit virus korona tidak diketahui sumber penularannya. Alhasil, Dicky meminta agar setiap orang yang terjangkit virus corona dilakukan skrining terhadap sumber penularannya.

“Dan selama kita tidak tahu klasternya, artinya kita” membiarkan “penyebaran COVID-19 yang tidak terkendali di masyarakat. Pantas saja trennya meningkat,” ujarnya.

BACA JUGA  Alasan Tertinggi Mengapa Masyarakat Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Hal lain yang juga perlu dikonfirmasi guna mengetahui penyebab lonjakan kasus korona adalah peningkatan cakupan tes, menurut Dicky. Namun, Dicky menegaskan cakupan pengujian tidak cukup hanya di DKI Jakarta. “Cakupan tes ini tidak cukup hanya di satu atau dua area saja. Perlu komprehensif,” tambahnya

Menurutnya, selama masih ada wilayah yang cakupan tesnya kurang memadai, Indonesia masih berpotensi mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang lebih tinggi. Ini karena area tersebut mungkin menjadi cluster COVID-19 yang belum ditemukan.

BACA JUGA  Vaksinasi Dimulai Hari Ini, Ingat 2 Cara Pengecekan Penerima Vaksin

“Kecuali jika cakupan tes dilakukan di semua wilayah, itu berarti bahwa wilayah yang tidak memiliki cakupan tes yang memadai tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kasus di wilayah mereka, tetapi juga peningkatan kasus di wilayah lain. Area yang tidak dikenali, ”pungkasnya.

Leave a Comment