Berhenti Merokok Dan Ubah Pola Makan Bisa Cegah Rambut Rontok

Rambut rontok bisa menjadi traumatis bagi siapa pun, apa pun jenis kelaminnya. Karenanya, ini adalah masalah yang ingin dihindari semua orang.

Meskipun tidak ada obat instan untuk rambut rontok, banyak kebiasaan gaya hidup sehari-hari dapat menyebabkan lebih banyak rambut rontok. Penyebab rambut rontok lainnya dapat mencakup kondisi medis, perubahan hormonal, dan bahkan genetika.

Namun, mengikuti gaya hidup sehat seperti makan makanan yang bersih dan mengurangi stres dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Dilansir dari Times of India, berikut 5 cara mencegah rambut rontok.

BACA JUGA  Sebab Orang Tua Harus Latih Kebiaasan Anak Bantu Pekerjaan Dirumah

Ubah pola makan Anda

Makan makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk memperlambat rambut rontok. Pastikan Anda menambah asupan protein dan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, beri, dan sayuran berdaun hijau harus dimasukkan ke dalam makanan harian Anda. Untuk melengkapi pertumbuhan rambut Anda dan membalikkan rambut rontok, dengan berkonsultasi dengan dokter Anda, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin seperti biotin, vitamin A dan B, dan beta-karoten.

BACA JUGA  Cerita Sukses Putra Siregar Jual Ponsel Yang kini Punya Toko Besar

Berhenti merokok

Merokok sebagai kebiasaan tidak hanya memicu kerontokan rambut, tetapi juga merusak kesehatan Anda secara keseluruhan. Cara paling efektif untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut adalah dengan berhenti merokok.

Studi menunjukkan bahwa merokok merusak DNA folikel rambut dan mengganggu pertumbuhan rambut. Jika Anda menginjak bokong, rambut rontok akan melambat secara drastis.

Pakai topi ke luar rumah

Fakta ini mungkin mengejutkan Anda, tetapi sinar UV matahari juga dapat merusak rambut Anda. Paparan sinar UV yang berlebihan merusak dan melemahkan protein di rambut.
Protein penting untuk pertumbuhan rambut dan memengaruhi kualitas rambut Anda secara keseluruhan dalam jangka panjang. Mengenakan topi matahari bisa menjadi cara cerdas untuk menghabiskan hari Anda di luar.

BACA JUGA  Niat, Keutamaan Serta Hukum Asal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Syaban 1442 Hijriah

Mengurangi stres

Stres telah diidentifikasi sebagai penyebab utama banyak masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Stres dapat menyebabkan rambut rontok dan mencegah rambut memasuki siklus pertumbuhan baru.
Untuk mengatasi rambut rontok akibat stres, cobalah meredakan stres dan berolahraga serta meditasi secara rutin.

Hindari penataan rambut yang berlebihan

Penggunaan alat penata rambut secara berlebihan memiliki efek yang serius dan berbahaya pada folikel rambut. Menggunakan alat penata rambut yang ekstrem seperti pengering dan pelurus rambut dapat dengan mudah merusak dan melemahkan akarnya.

BACA JUGA  Beberapa Kegiatan Yang Bisa Picu Penularan Corona Klaster Keluarga

Penggunaan alat ini secara teratur dan berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan rambut dan membuat rambut semakin lemah dan tipis. Seseorang harus mencoba membatasi penggunaan perangkat pemanas dan menggunakannya dengan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Leave a Comment