Resiko Yang Ditimbulkan Apabila Anda Sering Menahan Buang Air Kecil

Seringkali Anda ingin buang air kecil tanpa disadari, seringkali dalam kehidupan sehari-hari. Alasan berbagai kondisi antara lain, transportasi umum, rapat, atau pekerjaan.
Namun, menahan buang air kecil sebaiknya tidak dilakukan karena dapat menimbulkan risiko kesehatan. Dikutip dari Times of India, berikut ini bahaya yang disebabkan oleh menahan buang air kecil:

1. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih (ISK) bisa dipicu karena bakteri yang terus berkembang biak. Gejala infeksi saluran kemih meliputi sensasi terbakar saat buang air kecil, nyeri di perut bagian bawah, urine berbau tidak sedap, dan sesekali berdarah saat buang air kecil.

BACA JUGA  Berikut ini Skema Perincian Pemberian Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

2. Retensi urin
Retensi urin adalah suatu kondisi di mana kandung kemih tidak dapat dikosongkan, yang menyebabkan penyumbatan aliran urin melalui kandung kemih dan uretra. Salah satu gejala retensi urin adalah rasa tidak nyaman dan nyeri di perut bagian bawah.

3. Inkontinensia urin
Inkontinensia urin adalah peregangan pada kandung kemih yang membuat sulit menahan buang air kecil. Inkontinensia urin dapat menyebabkan seseorang buang air kecil atau mengompol tanpa disadari.

Leave a Comment