Menteri Keuangan Nyatakan Kesiapannya Hadapi Resesi Ekonomi

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku siap menghadapi resesi ekonomi yang pasti akan melanda Indonesia. Publik kemudian ditanya tentang definisi resesi. Jika pertumbuhan ekonomi negatif selama dua triwulan berturut-turut, maka secara teknis dapat dikatakan terjadi resesi ekonomi.

“Pemerintah siap menghadapi resesi, tapi tentunya dukungan dan kerja sama masyarakat sangat dibutuhkan. Dengan rasa saling percaya dan kepedulian, saya yakin semua kebijakan bisa berjalan lebih efektif,” kata Sri Mulyani di Virtual Video, Jumat (25/9/2020).

BACA JUGA  Kenaikan Angka Penganguran Hingga 5 juta Orang Saat Resesi

Ia mengatakan Indonesia selalu mencapai pertumbuhan ekonomi 5%. Ini tidak mudah untuk dicapai. Pemerintah mengatakan, pihaknya selalu mengevaluasi berbagai strategi untuk mencapai pertumbuhan yang tidak hanya baik tetapi juga sehat dan berkelanjutan

“Namun, saat wabah Covid-19 terjadi tekanan ekonomi di setiap negara di dunia, termasuk Indonesia,” kata mantan direktur Bank Dunia itu.

Ia pun mencontohkan: Negara India yang selalu tumbuh di atas Indonesia, malah menyusut hingga minus 23%. Indonesia mencatatkan pertumbuhan hingga minus 5,32% pada kuartal kedua (Q2) tahun 2020. Pertumbuhan negatif juga diperkirakan untuk kuartal ketiga (Q3), tetapi ini membaik.

BACA JUGA  Pertamina Turunkan Harga Pertalite Rp 6.450/Liter Di Tangerang Selatan

“Tren perbaikan kemungkinan akan berlanjut,” harapnya.

Menteri Keuangan memastikan bahwa pemerintah akan terus mendorong pemulihan ekonomi dengan segala instrumen dan strategi untuk meminimalkan kemungkinan dampak resesi. Menurutnya, pemerintah mengkaji sektor-sektor yang terkena dampak, membuat diagnosa dan kemudian merumuskan strategi yang dapat membantu sektor industri.

Secara khusus, UMKM dan bansos untuk kelompok masyarakat paling bawah akan terus dinilai efektifitasnya. “Bagaimana perasaan Anda tentang perbaikan ini? Pertama-tama, pastikan protokol kesehatan dipatuhi agar penyebaran virus dan korban bisa dihentikan. Ini penting banget,” ujarnya.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Berikut Ini Mampu Bertahan Saat Resesi

Leave a Comment