15 Orang Tewas Saat Konvoi Gubernur Di Nigeria Diserang Teroris

Milisi yang berafiliasi dengan Kelompok ISIS Negara Islamic State West Africa Province (ISWAP) menyerang konvoi gubernur Borno, Nigeria, Babagana Umara Zulum. Akibat kejadian ini, 15 orang petugas keamanan tewas.
Dilansir Dari AFP Sabtu (26/9/2020), Kelompok teroris tersebut membunuh delapan petugas polisi, tiga tentara dan empat anggota milisi yang didukung pemerintah. Konvoi Zulum diserang di dekat kota Baga di tepi Danau Chad.

Pemberontak melepaskan tembakan dengan senapan mesin dan granat berpeluncur roket saat konvoi melewati sebuah desa dekat markas Satuan Tugas Bersama Multinasional (MNJTF), sebuah koalisi angkatan bersenjata dari Nigeria, Niger, Chad dan Kamerun.

BACA JUGA  Fakta Pengantin Baru Pelaku Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Makassar

“Gubernur berhasil lolos tanpa cedera, tetapi 15 petugas keamanan dalam konvoi tewas dalam pertempuran sengit dengan teroris,” kata salah satu sumber.
Zulum sedang dalam tur penilaian Baga untuk mempersiapkan kembalinya ribuan penduduk yang diusir dari kota oleh para jihadis pada tahun 2014.

ISWAP memiliki sebagian besar gudang di pulau Danau Chad. Pada bulan Juli, konvoi Zulum diserang oleh senjata ISWAP di luar Baga, memaksanya untuk membatalkan perjalanannya ke kota.

Leave a Comment