Aquascape Alternatif Baru Bagi Pecinta Ikan Hias Dan Aquarium

Saat pandemi COVID-19, beberapa orang menemukan hobi baru untuk mengisi waktu luang. Selain beternak ikan cupang, hobi baru yang juga dikejar oleh sejumlah orang adalah mengoleksi akuarium dengan desain ekosistem alami yang terendam menggunakan kombinasi batu, kayu, tumbuhan, dan media tanah yaitu pasir, pupuk, dan ikan. Biasanya akuarium dengan ekosistem bawah air disebut aquascape.

Aquascape biasanya didesain seperti laut sungguhan. Secara umum, aquascape harus membuat taman di dalam akuarium.

Irfan Hakim menggunakan video YouTube untuk menunjukkan betapa indahnya desain aquascape Nick Space. Di sini diketahui bahwa ada sejumlah tema dari Aquascape. Mulai dari alam, biotop, belanda, Iwagumk hingga hutan belantara.

BACA JUGA  Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Aquascape dan Terrarium

Dalam video tersebut Anda juga bisa melihat sederet aquascape yang menampilkan keindahan bak di bawah laut. Misalnya aquascape bertema hutan yang ditanam dengan deretan bonsai, tumbuhan merah khas Kalimantan, dan deretan hutan. Penampakan akuarium terlihat seperti di bawah laut sungguhan.

Ada juga tema belanda dimana akuarium ditanami tanaman darat berupa mutiara yang bisa berubah warna. Daun tanah yang perling berubah menjadi merah muda dan kuning bila terendam air selama 3 minggu.

BACA JUGA  Waktu Yang Terbaik Bagi Anda Melakukan Test Kehamilan

Menariknya lagi, toko ini memiliki aquaspace sepanjang 3 meter dan lebar 60 cm dengan tanaman bonsai. Aquascape yang dibuat selama 6 jam dinilai yang fantastis.Rp 125 juta. Harganya tentu mahal karena proses pembuatannya tidak mudah.

Di channel tersebut, karyawan Nicks Aquatic menyampaikan bahwa membuat aquascape tidak bisa sembarangan. Jika perlu perawatan khusus, sebut saja komposisi penggunaan tanaman atau elemen lain dalam akuarium.

Selain itu, penting untuk memiliki indikator CO2. Indikator CO2 manakah yang diperlukan untuk proses fotosintesis tumbuhan di akuarium? Hingga lampu LED khusus yang sesuai dengan tema aquascape.

BACA JUGA  Mencegah Anak Merasa Bosan Berada Dirumah selama Pandemi

“Kalau indikator hijau berarti CO2 bagus, CO2 biru kurang, sedangkan kuning terlalu banyak,” ujar salah satu staf di sana.

Selain itu, disarankan untuk menyajikan ikan nabati untuk membersihkan berbagai getah kayu yang umumnya cukup sering terjadi saat direndam dalam air. Anda juga bisa memanfaatkan udang untuk menghilangkan kotoran pada bebatuan, siput tanduk hingga membersihkan lumut di area akuarium. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki aquascape?

Leave a Comment