Penyebab dan Langkah Penanganan Jika AC Mobil Kurang Dingin

Naiknya suhu udara terkadang membuat pengemudi harus menyetel pendingin (AC) hingga penuh. Namun semua kesejukan itu bisa dirasakan saat kondisi AC bagus dan optimal.
Bagaimana dengan AC yang tidak berfungsi dengan baik? Terkadang AC tidak berfungsi maksimal jika tidak dirawat dengan baik sehingga menimbulkan gejala kerusakan.

Langkah-langkah pemeriksaan kondisi dan perawatan AC dapat mengetahui sumber pengaduan tentang komponen AC penumpang yang tidak berfungsi. Terutama pengguna kendaraan yang rutin mengemudikan mobil untuk membantu aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA  Honda Brio Puncaki Daftar Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2020

Pemeriksaan utama yang dilakukan oleh bengkel resmi pada komponen AC biasanya diarahkan ke evaporator. Biasanya debu kotoran menumpuk sehingga kualitas aliran udara dingin ke kabin berkurang, kata Anjar Rosjadi, Kepala Bagian Pelayanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Bagian evaporator pada sistem AC sendiri berfungsi untuk mendistribusikan sirkulasi udara dingin di dalam kabin kendaraan, termasuk mengubah freon menjadi bentuk gas dingin sehingga dapat dihasilkan temperatur udara di dalam kabin untuk kenyamanan penumpang.

BACA JUGA  Honda Akan Segera Meluncurkan Model Terbaru CR-V Hybrid

Penyebab umum lainnya dari aliran udara dingin adalah kebocoran level Freon. Saat freon sudah tidak ada lagi, maka secara otomatis udara yang tersalurkan akan keluar dari kipas secara otomatis. “Rasanya tentu beda dan serasa seperti kipas angin saja,” imbuh Anjar.

Gejala penurunan kadar Freon pada AC kendaraan juga dapat dideteksi dengan menghentikan kompresor AC agar tidak berputar. Gejala seperti itu ditemukan saat komponen pendingin diperiksa di bengkel terdekat, jelas Anjar.

BACA JUGA  Spesifikasi Maserati MC20 Yang Akan Dipasarkan Di Indonesia 2021

Anjar mengatakan, penanganan masalah pada AC ini memakan waktu beberapa kali. Misalnya untuk membersihkan atau mengecek evaporator dari sistem pendingin udara mobil. “Bisa memakan waktu hingga setengah hari atau sehari penuh karena Anda harus melepas dashboard,” ujarnya.

Leave a Comment