Timnas Garuda U-19 Akan Hadapi Bosnia Herzegovina Malam Nanti

Garuda Muda belum pernah menang melawan tim Eropa di pemusatan latihan di Kroasia. Melawan Bosnia-Herzegovina, Timnas Indonesia U-19 harus berjaya melawan tim asal Benua Biru malam ini.
Timnas U-19 Indonesia telah memainkan tiga laga tanpa kekalahan. Seri 3: 3 melawan Arab Saudi, 2: 1 di game pertama melawan Qatar dan 1: 1 di game kedua. Torehan ini sedikit banyak menunjukkan perkembangan Garuda Muda selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Alasannya adalah Witan Sulaeman dkk. Tidak bergerak dalam dua pertandingan sebelumnya melawan Bulgaria dan Kroasia. Tren positif dalam tiga laga terakhir ini menjadi aset penting skuat Shin Tae-yong melawan Bosnia-Hierzegovina di Sveti Martin na Muri.

BACA JUGA  Timnas Garuda U-19 Kandaskan Perlawanan Qatar Dengan Skor 2-1

Namun, Garuda Muda janganlah jumawah. Pasalnya, rekor tersebut diraih saat berhadapan dengan tim-tim dari Asia, khususnya Timur Tengah. Melawan tim-tim dari Eropa terbukti cukup sulit untuk mengimbangi teknik dan sikap superior mereka.

Tentunya, timnas harus menyerah pada laga melawan Bulgaria dengan skor telak 0: 3. Melawan Kroasia, timnas kebobolan lebih banyak, yakni tujuh gol, meski pada akhirnya berhasil mencetak satu gol. Rekor ini patut mendapat perhatian saat menantang Bosnia dan Herzegovina.

BACA JUGA  Klasemen Liga Inggris Pekan Ketujuh, Leicester City Tempel Liverpool

Tim lawan juga tidak boleh dianggap remeh. Meski hanya berhasil menang sekali dalam empat pertandingan terakhir, bukan berarti skuad Slaven Musa mudah dikalahkan.

Pada laga terakhir 27 Februari, Bosnia-Hierzegovina hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 melawan Montenegro. Di pertandingan terakhir melawan tim yang sama mereka bahkan kalah 2-0. Satu-satunya kemenangan tahun itu adalah melawan Makedonia 1-0 pada 18 Februari.

Rekor yang kurang bagus ini semestinya bisa dimanfaatkan lini serang Witan untuk mencuri gol awal. Namun, Timnas U-19 juga harus mewaspadai bahwa Bosnia-Hierzegovina akan memprediksi keunggulan sikap dan teknik, serta gaya permainan yang mirip dengan Kroasia.

BACA JUGA  Formasi Baru Shin Tae-yong Untuk Menghadapi Makedonia Utara

Oleh karena itu, pengalaman di dua gim pertama turnamen persahabatan internasional U-19 2020 menjadi prasyarat bagi Garuda Muda di laga nanti. Apalagi bagi para pemain lini bertahan yang selama ini menjadi sorotan karena kerap menjadi titik lemah Indonesia.

Karenanya, laga persahabatan hari ini melawan Bosnia-Herzegovina akan membuktikan peningkatan kualitas fisik dan teknik anak-anak Garuda. Selain itu, timnas U-19 punya waktu lima hari untuk mempersiapkan laga nanti.

Pelatih Tae-yong mengaku kemajuan timnya sangat bagus. Menurutnya, kelemahan tim hanya bisa dilihat pada kekuatan para pemain dan inti dari pembenahan pelatih. Secara keseluruhan, permainan tim semakin baik dan para pemain semakin baik, katanya.

BACA JUGA  Duel Terbesar dalam Sejarah Inggris, Tyson Fury vs Anthony Joshua

Usai laga melawan Bosnia-Herzegovina, timnas U-19 akan melakoni pertandingan uji coba melawan tim yunior klub top Kroasia Dynamo Zagreb pada 28 Oktober mendatang. Laga ini juga akan menjadi yang terakhir selama pemusatan latihan di Kroasia. (Abriandi)

Leave a Comment