46 Santri Pondok Pesantren Di Kuningan Jabar Positif Covid-19

Pondok Pesantren Husnul Khotimah Desa Manis Kidul Kuningan Jawa Barat merupakan cluster baru COVID-19. Hal tersebut diketahui setelah 46 santri dari pesantren tersebut dipastikan positif COVID-19.
“Ya, ada 46 santri yang positif di Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang semuanya kini telah melakukan karantina mandiri,” kata Agus Mauludin, juru bicara pusat krisis COVID-19 di Kabupaten Kuningan, Jumat (25/9/2020). .

Guna mengatasi cluster baru, crisis center juga menutup sementara kegiatan di Pondok Pesantren Husnul Khotimah selain melakukan tracing.
“Tim terus melakukan penelusuran dan pesantren akan dibekukan sementara. Desinfeksi selanjutnya akan dilanjutkan ke seluruh kawasan Pesantren,” pungkasnya.

BACA JUGA  29 Sekolah Kedinasan yang Bisa Dipilih Pelamar CPNS 2021

Sementara itu, Ketua Yayasan Ponpes Husnul Khotimah Mu’tamad membenarkan ada 46 santri yang positif COVID-19. Menurutnya, santri diketahui positif usai gejala batuk, flu dan demam.
“Sejak 12-24 September 2020, ada siswa yang batuk, flu, dan demam. Pengobatannya melalui tes swab dengan hasil positif 46. Mereka saat ini dalam isolasi mandiri,” kata Mu’tamad dalam keterangannya.

Sebelumnya diketahui Yayasan Pondok Pesantren Husnul Khotimah melakukan tes swab terhadap 1.200 santri pada 12-13 September 2020. Dari hasil swab, tiga siswa dinyatakan positif.
Hasilnya 3 siswa positif dan dilakukan isolasi diri. Setelah 14 hari dilakukan tes swab ulang, ternyata hasilnya negatif. Setelah itu banyak siswa yang mengalami gejala ini dan kami swab lagi dan hasilnya 46 siswa positif. “lanjut Mu’tamad.

BACA JUGA  Ditetapkan Tersangka, Rizieq Terancam Hukuman Enam Tahun Penjara

Mu’tamad juga menyatakan tujuh siswa dinyatakan positif COVID-19. Saat itu, yayasan sedang melakukan swab terhadap 1.350 siswa yang datang pada 29-30 Agustus 2020.
“Tes swab juga dilakukan terhadap 1.350 Santri dari 29-30 Agustus yang menunjukkan hasil dari tujuh siswa yang positif,” ujarnya.

Leave a Comment