Berikut Ini 5 Situs Wisata Sejarah di Malang Jawa Timur

MALANG memiliki beragam tempat wisata mulai dari pegunungan, air terjun, museum hingga pantai. Kabupaten dan kota di Jawa Timur ini juga memiliki banyak situs sejarah yang bisa menjadi tujuan wisata, mulai dari candi, pagoda, hingga museum.

Di lokasi wisata sejarah, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keunikan bangunannya, tetapi juga menambah wawasan.
Berikut 5 lokasi wisata sejarah di Malang yang dikutip dari akun Instagram @infowisatamlg, Kamis (24/9/2020).

1. Candi Singosari

Candi Singosari di desa Candi Renggo dipercaya telah dibangun pada tahun 1300 SM. Itu dibangun pada masa Kerajaan Singosari. Pura ini juga biasa disebut dengan Pura Cungkup. Biaya partisipasi untuk mengunjungi properti ini hanya Rp 5.000.

BACA JUGA  Keindahan yang Tersembunyi Desa Sawai dari Maluku

2. Gereja Ijen

Gereja Ijen bergaya neo-Gotik dibangun pada tahun 1934 selama periode Belanda. Letaknya di Oro Dowo, Kecamatan Klojen, yang dulunya merupakan pemukiman orang Belanda. Jika Anda berada di Ijen Boulevard disinilah Anda bisa mampir. Memotret juga menyenangkan.

3. Kelenteng En Ang Kiong

Di Jalan Martadinata sekitar Kotalama juga terdapat loh candi-candi bersejarah yang terkenal. Namanya Kelenteng En Ang Kiong yang dibangun pada tahun 1825. Bangunan ini dibuat dengan perpaduan gaya Cina Timur dan Eropa.

BACA JUGA  Pesona Destinasi Wisata Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT

Aroma dupa tercium harum saat pengunjung memasuki candi ini. Anda dapat bertanya kepada pengelola kuil tentang ceritanya.

4. Candi Jawar Ombo

Di Dusun Kaliputih, Malang Selatan terdapat sebuah candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Namanya Candi Jawar Ombo. Candi ini terbengkalai saat ditemukan pada tahun 1983 dan akhirnya direnovasi pada tahun 2014. Sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu di Malang.

5. Museum Angkut

Museum Angkut menyajikan sejarah perkembangan lalu lintas di Indonesia. Banyak koleksi moda transportasi yang dipamerkan di sini, termasuk, misalnya, mobil antik dari zaman kuno.

BACA JUGA  Menjelajahi Pesona Wisata Kota Batu Malang

Leave a Comment