Manfaat Herbal Bawang Putih Bisa Obati Batuk Hingga Gula Darah

Siapa yang tidak kenal bawang putih? Ya, khasiat bumbu dapur ini sudah dikenal sejak jaman dulu. Salah satunya, bawang putih dapat meredakan gejala flu dan batuk. Lalu bagaimana cara mengolahnya?

“Untuk batuk bisa dipotong-potong, lalu ditambahkan jeruk nipis, langsung dikonsumsinya. Atau bisa juga ditambah madu,” kata herbalis Dr. Muthaharrah, M.Si, dalam siaran Healthy Living di tvOne, Rabu, 23 September 2020.

Nah, jika Anda kurang menyukai rasanya tetapi lebih menyukai aromanya, Dokter Mutaharrah punya alternatif lain yang lebih mudah yaitu dengan hanya menghirup aromanya.
“Potong-potong, lalu kita hirup. Jadi kita potong dua siung, kita cium baunya, kita tahan 10 detik, lalu kita lepaskan. Itu membantu juga,” ujarnya.

BACA JUGA  9 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Selain meredakan gejala flu dan batuk, bawang putih dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi . Benarkah Mitos atau fakta?
“Fakta. Karena bawang putih bisa menurunkan kolesterol darah, terutama LDL. Secara tidak langsung bisa menurunkan tekanan darah,” kata Muthaharrah.

Bawang putih memiliki beragam manfaat kesehatan dan juga dipercaya dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Inilah yang dijelaskan oleh Dokter Mutaharrah.

“Itu faktanya. Jadi ada PPAR gamma di dalam sel kita yang fungsinya untuk metabolisme karbohidrat, gula, protein dan lemak. Nah, bawang putih adalah stimulator untuk PPAR. Jadi metabolisme lemak otomatis meningkat, jadi ini terkait dengan menurunkan kadar LDL tadi. “Kemudian bisa menurunkan atau menstabilkan kadar gula darah juga,” ujarnya.

BACA JUGA  Herbal Jahe Memiliki Manfaat Sebagai Berikut

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, menurut Mutaharrah sebaiknya bawang putih dikonsumsi mentah. “Kita kupas lalu dimakan langsung, dikunyah. Makan dua siung dua kali sehari jadi totalnya empat,” ujarnya.

Meski demikian, dokter Muthaharrah mengingatkan konsumsi bawang putih tidak boleh lebih dari 5 gram per hari atau sekitar 3-4 siung.

Leave a Comment