Waspada, Ternyata Aplikasi Ini Bisa Merugikan Penggunanya

Jika Anda tidak menghapus aplikasi iOS dan Android ini sekarang, Anda akan merasa sedih kehilangan banyak rupiah dari dompet di saku Anda.

Menurut Ars Technica, wawasan yang diberikan seorang anak kepada para peneliti mengarah pada penemuan adware dan aplikasi lain yang dirancang untuk menipu publik. Aplikasi ini terdaftar di Apple App Store untuk iPhone dan Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi ini telah dipasang lebih dari 2,4 juta kali dan pengembang jahatnya berpura-pura menawarkan fitur seperti wallpaper, konten dan aliran hiburan, serta unduhan musik. Beberapa aplikasi ini menampilkan iklan bahkan saat tidak dibuka.

BACA JUGA  Chipset Helio P35 Pada Realme C12 Juga Dipakai Oleh Xiaomi

Kejahatan dunia maya ini dikenal sebagai HiddenAds Trojan, yang menyamar sebagai aplikasi yang tidak berguna. Mereka berguna untuk penjahat yang menghasilkan pendapatan dari iklan untuk korban.

Seorang anak yang fatal menemukan malware, yang diinstal lebih dari 2,4 juta kali oleh pengguna iPhone dan ponsel Android.

Mengapa kami tidak menghapus aplikasi jahat ini dari perangkat? Jawabannya sederhana. Ikon disembunyikan sehingga pengguna tidak tahu cara menghapusnya. Beberapa dari aplikasi ini tidak hanya mengirim adware tetapi juga mengenakan biaya Rp 28.000-140.000 untuk pembelian dalam aplikasi yang tidak berguna.

BACA JUGA  Spesifikasi Dan Harga iPhone 12 mini Dan Pro 2020

Perusahaan analisis aplikasi Sensor Tower memperkirakan bahwa pengembang nakal itu telah menghasilkan Rp 3 miliar dari tindakan jahatnya. Beberapa dari aplikasi spam / scam ini dipromosikan oleh tiga pengguna TikTok, salah satunya memiliki 300.000 pengikut.

Aplikasi video pendek memainkan peran penting dalam penemuan aplikasi ini. Seorang gadis menemukan profil di TikTok yang mengiklankan salah satu “aplikasi yang kasar” dan melaporkannya ke proyek Be Safe Online di Republik Ceko – sebuah organisasi yang membantu anak-anak di negara tersebut tetap aman saat online.

BACA JUGA  Perangkat Laptop Terbaru Dari Acer Dengan Prosesor Intel Tiger Lake

Laporan tersebut menginstruksikan para peneliti dari firma keamanan Avast untuk melakukan penggalian lebih dalam. Hasilnya, mereka menemukan 11 aplikasi yang menjalankan iOS dan Android terlibat dalam penipuan ini.

“Kami berterima kasih kepada gadis muda yang melaporkan profil TikTok kepada kami. Kesadaran dan perilakunya yang bertanggung jawab adalah jenis komitmen yang perlu kami tunjukkan untuk membuat dunia maya lebih aman. Aplikasi yang kami temukan adalah.” secara curang dan melanggar kebijakan dan aplikasi Google Apple dengan membuat klaim yang menyesatkan tentang fungsi aplikasi atau menayangkan iklan di luar aplikasi dan menyembunyikan ikon aplikasi asli setelah aplikasi dipasang, “kata analis Avast, Jakub Vávra.

BACA JUGA  Begini Kelebihan Menggunakan Wireless Charger untuk Ponsel Anda

“Sangat mengkhawatirkan bahwa aplikasi tersebut diiklankan di platform media sosial, yang populer dengan anak-anak yang lebih muda yang mungkin tidak mengenali beberapa tanda bahaya di sekitar aplikasi dan karena itu jatuh cinta pada mereka,” katanya.

Avast juga menemukan profil Instagram dengan lebih dari 5.000 pengikut yang mempromosikan aplikasi ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa aplikasi dibagikan di TikTok dan Instagram dan berisi tautan yang mengarah kembali ke daftar mereka di App Store atau Google Play Store.

BACA JUGA  Berikut Ini Daftar 10 Brand Smartphone Paling Laku di Dunia

Itu membawa kita kembali ke apa yang dikenal sebagai sistem peringatan dini, yang dapat Anda gunakan untuk menghindari penginstalan perangkat lunak berbahaya. Lihatlah ulasannya dan biarkan saja jika Anda melihat beberapa komentar bintang rendah yang menyebutkan adware aplikasi, malware, atau sesuatu yang lebih buruk. Aplikasi yang kami tulis di artikel ini memiliki skor rata-rata 1,3-3,0.

Avast Vávra prihatin bahwa anak-anak akan mendapatkan promosi untuk aplikasi ini. “Sangat mengkhawatirkan bahwa aplikasi tersebut diiklankan di platform media sosial, yang populer di kalangan anak-anak yang lebih muda yang mungkin tidak mengenali beberapa tanda bahaya seputar aplikasi dan karena itu jatuh cinta pada mereka,” katanya.

BACA JUGA  Terungkap Bahwa Kapasitas SSD PS5 Tidak Sebesar Seperti Di Iklan

Avast mengatakan mereka telah memberi tahu Apple dan Google tentang malware yang ditemukan di toko aplikasi masing-masing. Perusahaan riset juga memberi tahu TikTok dan Instagram tentang akun yang mempromosikan aplikasi.

Hindari atau hapus aplikasi berikut:
Google Play Store:
– ThemeZone – Shawky App Free – Shock My Friends
– Tap Roulette ++Shock my Friend
– Ulimate Music Downloader – Free Download Music

App Store:
– Shock My Friends – Satuna
– 666 Time
– ThemeZone – Live Wallpapers
– Shock my friend tap roulette v

BACA JUGA  Ada Cashback Dan Bonus Kuota Pada First Sale OPPO A92

Leave a Comment