Putih Telur Dapat Tingkatkan Imunitas Pederita Penyakit Penyerta

Putih Telur Dapat Tingkatkan Imunitas Penderita Penyakit Penyerta

Orang dengan penyakit penyerta seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau orang dengan riwayat penyakit jantung perlu melakukan upaya untuk meningkatkan kekebalan. Apalagi di era pandemi virus Corona atau COVID-19 seperti sekarang, saat Anda berisiko lebih tinggi tertular.

Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan adalah dengan memilih asupan makanan yang akan dikonsumsi. Salah satunya adalah protein, yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan pada penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Spesialis nutrisi klinis Dr. Feni Nugraha, M. Gizi, Sp.GK menyampaikan bahwa konsumsi protein secara teratur baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena makanan ini merupakan sumber protein.

“Nah, protein dalam putih telur adalah protein berkualitas tinggi dan asam aminonya cukup lengkap. Jadi sangat bagus karena makanan berprotein tinggi bagus untuk meningkatkan kekebalan kita,” ujarnya dalam siaran Selasa di Healthy Living di tvOne. 22 September 2020 ..

Dokter Feni selanjutnya menjelaskan bahwa protein juga rendah lemak. Makanya, sangat baik bagi penderita diabetes, darah tinggi, dan penyakit jantung untuk mengkonsumsinya. Dalam kondisi tertentu, pemrosesannya juga harus benar.

“Tapi ingat, Anda tidak boleh menggunakan terlalu banyak minyak untuk mengolah putih telur. Anda bisa merebusnya, atau Anda mungkin ingin membuatnya seperti telur dadar atau telur goreng, selama minyaknya hanya sekitar satu sendok teh. Jadi jangan gunakan terlalu banyak,” dia berkata.

Apakah boleh mengganti jenis minyak lain dengan minyak goreng biasa? Jenis minyak apa yang kemudian direkomendasikan?

“Untuk penggorengan suhu rendah bisa menggunakan minyak zaitun, tapi mungkin yang ringan. Kalau VCO (minyak kelapa) juga bisa digunakan, tapi tidak bisa digunakan untuk suhu tinggi atau menggoreng,” kata dokter Feni Nugraha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *