Sri Mulayani : Indonesia Akan Mengalami Resesi Ekonomi

Sri Mulayani : Indonesia Akan Mengalami Resesi Ekonomi

Indonesia sepertinya belum bisa terhindar dari resesi. Pandemi corona yang muncul dalam enam bulan terakhir berdampak signifikan terhadap perekonomian negara. Buktinya, pertumbuhan ekonomi nasional yang rata-rata 5% kini jatuh ke wilayah negatif.

Pada kuartal kedua tahun 2020, ekonomi minus 5,32%. Hasil negatif lainnya diperkirakan untuk kuartal ketiga. Dalam hal ini, Indonesia masuk dalam daftar negara yang mengalami resesi akibat Corona. Resesi adalah kondisi dimana pertumbuhan ekonomi minus dua triwulan berturut-turut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan perekonomian resmi mengalami resesi pada kuartal III tahun 2020. Ini mengikuti proyeksi yang direvisi oleh Kementerian Keuangan.
Sri Mulyani mengatakan Kementerian Keuangan memperbarui perkiraan ekonomi Indonesia untuk tahun 2020 secara keseluruhan menjadi minus 1,7% menjadi minus 0,6%.

“Forecast terbaru kita pada September untuk 2020 adalah minus 1,7% sampai minus 0,6%. Ini artinya, negatif territory kemungkinan terjadi pada kuartal III,” kata Sri Mulyani dalam video conference APBN KiTa, Selasa (22/9/2020).

“Dan mungkin itu masih berlangsung untuk kuartal keempat di mana kami berusaha mendekati nol atau positif,” katanya.
Meski perekonomian berada di teritori negatif setiap tahun, mantan eksekutif Bank Dunia itu mengaku angka proyeksi Perbendaharaan tidak serendah perkiraan beberapa lembaga internasional.

Seperti World Bank atau Bank Dunia berada di level 0%, IMF di level minus 0,3%, OECD di level minus 3,3%, ADB di level minus 1%, dan Bloomberg di level minus 1%.
“Tahun depan, kita gunakan sesuai RUU APBN 2021 yakni 4,5-5,5% dengan forecast titik di 5,0%. Bagi institusi lain, rata- rata berkisar antara 5-6%. OECD tahun depan prediksi 5,3%, ADB sama 5,3%, bloomberg median view 5,4%, IMF 6,1%, WB 4,8%,” katanya.

“Semua forecast ini subject to atau tergantung pada perkembangan COVID dan bagaimana ini pengaruhi aktivitas ekonomi,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *