Trump Serang China Terkait Covid-19 Pada Sidang Umum PBB

Trump Serang China Terkait Covid-19 Pada Sidang Umum PBB

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggunakan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menyerang penanganan China terhadap pandemi virus corona.
Trump menyalahkan China karena melepaskan wabah itu ke dunia. Sebaliknya, Presiden China Xi Jinping mengungkapkan nada yang lebih lembut dalam pidato virtualnya di Majelis Umum.

Xi menyerukan kerja sama dalam menghadapi pandemi, bersikeras bahwa China tidak berniat memicu perang dingin atau perang dengan negara mana pun.
Keduanya berbagi visi tentang saat hubungan AS-China berada pada level terendah dalam beberapa dekade, di tengah pandemi, sengketa perdagangan, dan sengketa teknologi.

Trump menghadapi pemilihan presiden November dan memfokuskan pidatonya pada serangan terhadap China. Dia menuduh Beijing membiarkan orang meninggalkan China untuk menginfeksi dunia pada awal wabah dan menghentikan perjalanan domestik.

“Kita harus meminta pertanggungjawaban negara untuk memulai epidemi ini di dunia, China,” kata Trump dalam sebuah pernyataan yang direkam di Gedung Putih dan dikirim secara terpisah ke Majelis Umum PBB karena pandemi.

“Pemerintah China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang secara praktis dikendalikan oleh China, telah secara keliru menyatakan bahwa tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia,” kata Trump.

“Kemudian mereka secara keliru menyatakan bahwa orang tanpa gejala tidak akan menyebarkan penyakit. PBB harus meminta pertanggungjawaban China atas tindakannya, “katanya.
Trump berjanji akan membagikan vaksin. “Kami akan mengalahkan virus dan mengakhiri pandemi,” katanya.

Dalam pembukaan pidato Xi, Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun menyatakan: “China telah menolak tuduhan tak berdasar terhadap China. Dunia berada di persimpangan jalan. Pada saat ini, dunia membutuhkan lebih banyak solidaritas dan kerja sama, tetapi bukan konfrontasi. “”

Xi menyerukan tanggapan global untuk memerangi virus korona dan memberi WHO peran utama. Trump telah lama mengumumkan rencana untuk mengeluarkan AS dari WHO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *