Penetapan Paslon Pilkada 2020 Dilakukan Secara Online Hari Ini

Penetapan Paslon Pilkada 2020 Dilakukan Secara Online Hari Ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan pasangan calon (Paslon) yang mencalonkan diri hari ini, Rabu (23,9), dalam pemilihan kepala daerah serentak 2020. Ada 735 pasangan calon potensial di 270 daerah yang telah mendaftar.

Untuk pemilu kali ini, pasangan calon ditentukan secara online melalui situs resmi KPU. Keputusan ini disepakati oleh pemerintah dan elite parpol menyusul pelanggaran besar-besaran protokol Covid-19 selama masa pendaftaran.

“Pengumuman pasangan calon Pilkada besok (Rabu) akan dilakukan di situs KPU dan pengumuman di kantor KPUD masing-masing,” kata Johnny Plate, Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat, usai rapat antar sekjen parpol dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa (22/9).

Pemerintah dan parpol juga sepakat tidak akan ada mobilisasi massa ke kantor KPUD.
Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dapat mengajukan sengketa tata usaha pemerintah mulai tanggal 23 September hingga 9 November.

Selama pasangan calon yang telah dinyatakan memenuhi syarat (MS) diperbolehkan melanjutkan tahapan. Akan Mengikuti Pengundian nomor urut pada 24 September.

Kemudian pasangan calon akan diizinkan untuk berkampanye mulai 26 September. Kampanye pemilu ini berlangsung 71 hari hingga 5 Desember.
Selain itu, masa tenang dimulai pada 6 dan 8 Desember. Tidak ada pihak yang diperbolehkan untuk berkampanye. Kemudian, pada 9 Desember, dilakukan pemungutan suara.

Pilkada 2020 juga akan menjadi Pilkada terbesar dalam sejarah pemilu Indonesia. Sekitar 105 juta pemilih di 270 daerah akan memilih kepala daerahnya secara bersamaan.

Namun, pemilihan itu berlangsung selama pandemi Covid-19. Sejauh ini belum ada bukti penurunan kasus. Dalam beberapa hari terakhir, kasus tambahan telah melebihi angka 4.000. Bahkan dengan tes masif yang masih di bawah standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *