Simak Tips Gowes Sehat Dan Aman Dimasa Pandemi

Simak Tips Gowes Sehat Dan Aman Dimasa Pandemi

Saat ini fenomena bersepeda yang juga dikenal dengan sebutan gowes marak terjadi di masyarakat. Pasalnya, masyarakat ingin menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Dokter Umum RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Dr. Muliadi Limanjaya mengatakan, mengenakan masker saat berkendara merupakan hal yang mutlak atau wajib dilakukan. Ini ada hubungannya dengan meminimalkan paparan Anda terhadap kuman yang berpotensi menyebar di udara.

“Penggunaan masker mutlak diperlukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain agar tidak tertular penyakit tersebut,” ujarnya dalam laporan tertulis yang diterima , Selasa (22 September 2020).

Tetap kenakan masker saat mengemudi. Dr. Muliadi menyarankan agar Anda memilih masker yang terbuat dari bahan yang sedikit menyerap keringat agar kenyamanan Anda tidak terpengaruh.
Dr. Muliadi juga membagikan beberapa tips untuk digunakan saat travelling terutama dengan teman-teman beserta reviewnya.

1. Penggunaan alat pelindung diri lainnya seperti helm dan lampu sepeda tetap diwajibkan. Juga, Anda berkendara di malam hari.

2. Selalu bawa air minum untuk hidrasi dan jangan lupa hand sanitizer di tas kecilmu.

3. Temukan rute perjalanan yang tenang, hindari area ramai atau rute populer dengan banyak pengendara sepeda lainnya.

4. Cobalah mengatur waktu bersepeda Anda. Pilih waktu ketika tidak banyak orang yang bepergian jika Anda bisa.

5. Jaga jarak minimal 1,5 meter dari pengendara sepeda lain untuk mengurangi resiko penularan penyakit.

6. Kami menganjurkan agar Anda bepergian dengan keluarga yang tinggal di rumah yang sama. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran penyakit.

7. Jika ingin naik sepeda dengan rombongan, maksimal 5 orang.

8. Langsung pulang dan mandi setelah kamu berkendara. Untuk sementara, hindari bersosialisasi atau istirahat bersama sehingga Anda bisa melepas masker dan berisiko tertular penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *