Lima Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Anak Terhindar dari Obesitas

Lima Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Anak Terhindar dari Obesitas

Anak-anak gemuk suka terlihat lucu dan menggemaskan. Tapi tahukah anda bahwa jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan obesitas.
Ahli gastroenterologi dan hepatologi anak Sufla Saxena mengatakan bahwa obesitas pada masa kanak-kanak memiliki risiko berkembangnya penyakit berbahaya.

“Jika Anda mengalami obesitas hingga dewasa, risiko terkena diabetes, penyakit arteri koroner, masalah pernapasan, gangguan emosional, dan penyakit lainnya pasti meningkat,” kata Saxena.
Oleh karena itu, pendidikan dan kesadaran orang tua sangat penting dalam mengatasi epidemi obesitas pada anak.

Berikut 5 hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anak terhindar dari obesitas.

1. Kembangkan aktivitas fisik

Saat ini, baik orang tua maupun anak menghabiskan lebih banyak waktu bermain perangkat yang menyebabkan ketidakaktifan fisik.
Jadilah teladan yang positif untuk anak Anda. Anda perlu memasukkan 60 menit aktivitas fisik ke dalam jadwal Anda dan anak Anda setiap hari.

2. Perhatikan makanannya

Tetapkan batasan asupan makanan dan minuman. Jangan menyerah jika suasana hati anak sedang buruk dan tidak mau makan. Para orang tua dituntut untuk mendidik anaknya dengan pengetahuan makan yang sehat.

3. Batasi konsumsi makanan manis

Anak-anak berusia 7 hingga 10 tahun harus diberi 2 porsi susu, 5 porsi buah dan sayuran, 5 hingga 6 porsi biji-bijian, dan 2 porsi daging atau kacang-kacangan per hari. Namun, batasi konsumsi permen untuk menjaga gula darah dan gigi.

4. Hindari makan camilan

Hindari camilan dan soda yang tinggi lemak dan asin. Misalnya, makanan cepat saji sebaiknya hanya dibatasi pada akhir pekan. Dorong konsumsi makanan segar di rumah untuk membantu lidah anak Anda terbiasa dengan makanan sehat.

5. Ajaklah anak-anak untuk membeli sayur-mayur dan buah-buahan

Ajaklah anak-anak untuk membeli sayur dan buah-buahan. Sertakan mereka dalam memasak camilan atau salad fast food yang sehat. Anda juga harus belajar membaca label makanan dan isinya.
Penting untuk menjalani kebiasaan dan gaya hidup yang Anda ingin anak Anda praktikkan saat anak-anak belajar. Makan dengan baik dan berolahraga. Ajari anak Anda cara makan dan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *