Apakah Anda Pernah Mengalami Kopling Mobil Keras, Inilah Sebabnya

Apakah Anda Pernah Mengalami Kopling Mobil Keras, Inilah Sebabnya

Kopling adalah bagian terpenting dari sebuah mobil dengan transmisi manual. Akan sangat mengganggu pengguna jika pedal paling kiri sulit diinjak.
Kekencangan pedal kopling jelas menunjukkan adanya masalah pada sistem transmisi. Dilihat dari situs resmi Auto2000, kopling keras bisa dihindari dengan menyadari beberapa hal di bawah ini.

Awalnya, kopling keras biasanya ada di kabel kopling. Kopling kering ini pasti terjadi pada mobil manual jika Anda tidak rutin melumasinya dengan oli atau bubuk khusus. Saat dilumasi, ini juga dapat mengatur ulang kabel agar lebih fleksibel, dan selubung kabel tidak akan langsung bergesekan.

Selain itu, terdapat pola kopling yang dapat menjadi penyebab terjadinya kopling keras. Jika kampas kopling semakin tipis, pedal kopling juga bisa menjadi keras saat Anda menginjaknya. Jika tidak ditangani, kopling yang menipis dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Bukan tidak mungkin kerusakan tersebut merembet ke komponen mesin lain.

Koplingnya keras karena adanya pengeringan kanvas yang tidak bisa dihindarkan karena ada batasan umur. Yang perlu dilakukan adalah mengganti liner kopling yang menipis dengan yang baru.

Kopling keras selanjutnya dapat disebabkan oleh kopling tembaga. Komponen penutup kopling atau yang sering disebut dengan solar clutch bisa membuat pedal kopling keras seiring bertambahnya usia. Saat penutup kopling aus, kekuatan tekannya hilang. Gaya tekan yang melemah berarti komponen pelat cetak tidak dapat lagi bekerja secara normal.

Sama seperti kampas kopling, tutup kopling juga harus diganti dengan yang baru dalam hal ini. Dianjurkan untuk menukar di bengkel untuk pemasangan yang benar.

Kekencangan pedal kopling juga bisa disebabkan oleh bantalan sebenarnya dari penutup kopling. Komponen-komponen ini dapat menjadi aus saat mobil digunakan. Saat bantalan pelepas aus, tekanan pada pegas diafragma lemah. Jika kondisi ini dibiarkan, bantalan pelepas akan menekan pegas diafragma secara bertahap. Jika rusak, bantalan pelepas tidak dapat diperbaiki. Artinya komponen ini harus diganti dengan yang baru.

Toh, penyebab kopling keras adalah pengemudi sendiri. Salah satu kebiasaannya yang cepat menginjak dan melepas kopling, yang membuat transmisi tidak sempurna. Biasakan menginjak kopling secara perlahan dan melonggarkannya untuk menghindari cengkeraman keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *