Google Doodle Hari Ini, Seniman Legendaris Betawi Benyamin Sueb

Google Doodle edisi hari ini, Selasa (22 September 2020) menampilkan mendiang Benjamin Sueb di sisinya.
Pengguna bisa melihat sosok artis legendaris Betawi pada huruf “G”. Di empat surat lainnya, Google juga menunjukkan empat hal yang berkaitan erat dengan Benjamin Sueb.

Ada peran film sebagai “O” pertama dari kata “Google” dan lingkaran asap mengepul dari kompor yang meleduk adalah salah satu lagu favorit Benjamin Sueb – sebagai O kedua.
Lalu ada alat musik Tanjidor yang melambangkan huruf G, dan Ondel-Ondel yang melambangkan huruf L.

BACA JUGA  Gitaris Rock Legendaris Eddie Van Halen Meninggal karena Kanker

Benyamin lahir di Kemayoran pada 5 Maret 1939. Ayahnya bernama Suaeb dan berasal dari Purwerejo. Nama ibunya adalah Siti Aisyah, anak seorang tuan tanah yang juga seorang juara terhormat bernama Haji Ung di kawasan Kemayoran.

Benyamin adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara. Bakat Benyamin dalam melucu terbukti sejak usia dini. Mak, jangan heran jika Benyamin bukan hanya aktor tapi juga komedian.

Beberapa karya Benjamin
Bakat Benjamin dalam menyanyi sudah terbukti sejak kecil. Dia dikatakan telah menghasilkan 75 album di akhir hidupnya.

BACA JUGA  SHINee Akan Gelar Konser Virtual Perdana April Mendatang

Lagu populer Benyamin lainnya, seperti disebutkan di halaman pertama, berjudul “Kompor Meleduk”.

Lagu populer lainnya berjudul “Tukang Kredit”, yang ia nyanyikan bersama Ida Royani. Lagu yang bercerita tentang kebiasaan masyarakat desa yang suka berhutang tapi susah ditagih, pertama kali muncul dalam film Musuh Bebuyutan (1974).

Benyamin juga produktif di bidang perfilman. Ia menghasilkan 53 judul film. Sebutan yang paling populer antara lain Benyamin Biang Kerok, Banteng Betawi, dan Intan Berduri.

BACA JUGA  Netflix Akan Tayangkan Film Dokumenter BLACKPINK 14 Oktober

Leave a Comment