Kemenaker Transfer BLT Subsid Gaji Pekerja Hari Ini

Kemenaker Transfer BLT Subsid Gaji Pekerja Hari Ini

Sebanyak 2,8 juta karyawan terdaftar sebagai penerima Program Bantuan Keuangan Langsung (BLT) untuk subsidi gaji IV. BLT diberikan kepada pekerja yang gajinya di bawah Rp 5 juta per bulan.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya telah menerima 2,8 juta data calon penerima BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) untuk subsidi upah tahap keempat. Usai memverifikasi datanya, pihaknya membayar uang ke rekening masing-masing karyawan.

“Untuk pendistribusian level IV ini akan kami lakukan secepatnya saat proses checklist yang tidak memakan waktu lebih dari empat hari kerja sudah selesai. Jadi jika data sudah dikirim ke kami pada Rabu pekan lalu, maka checklist Proses daftar akan terus berjalan. Selasa (hari ini) akan selesai, “kata Ida dalam keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Setelah selesai checklist, menurut Ida datanya dikirim ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian KPPN mendistribusikan uang subsidi upah Tahap IV kepada bank penyalur, yaitu bank yang tergabung dalam Himbara.

Selain itu, bank Himbara akan mengarahkan gaji atau subsidi gaji ke rekening penerima, baik di rekening bank rekan Himbara maupun rekening bank swasta lainnya, ”ujarnya.

Politisi PKB itu mengingatkan para pekerja yang terdaftar di BPJamsostek dan termasuk dalam kategori penerima subsidi agar berhati-hati lagi saat memberikan nomor rekening kepada perusahaannya. Ini untuk menghindari transfer yang gagal karena akun yang ditutup, pasif, dan bahkan tidak valid.

“Saya mengimbau rekan kerja atau karyawan yang mendapat subsidi gaji untuk mengecek ulang nomor rekeningnya. Kami membutuhkan akun yang aktif agar pendistribusiannya tepat sasaran. Saya minta pihak pemberi kerja juga aktif berkomunikasi dengan karyawan.” dia berkata.

Ia berharap subsidi upah ini dapat meringankan beban sekaligus meningkatkan kekuatan ekonomi pekerja saat pandemi.

“Bantuan subsidi upah ini dimaksudkan untuk menjaga dan meningkatkan daya beli pekerja atau pekerja serta menstimulasi konsumsi rumah tangga. Kemudian akan berdampak multiplier terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *