Cobalah Lima Cara Berikut Ini Agar Mobil Hemat Bahan Bakar

Tidak hanya kaya akan fitur-fitur canggih pemilik kendaraan juga biasanya menginginkan mobil yang lebih efisien agar nyaman dikendarai setiap hari.
Sebaik apapun mobil tersebut digunakan, jika tidak didukung oleh kondisi yang tepat, mesin tidak akan bekerja sebaik mungkin karena efisiensi bahan bakar.

Ada lima cara mudah untuk mendapatkan hasil maksimal dari penghematan bahan bakar mobil favorit Anda. Berikut review yang dilansir Hyundai Indonesia, Rabu (16/9/2020).

1. Periksa tekanan ban
Ban yang kempes tentunya menambah beban pada kendaraan. Hal ini terjadi karena tahanan gelinding lebih besar saat ban dalam keadaan tenang.
Untuk melakukan ini, pastikan tekanan udara pada ban sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Pemilik akan menemukan panduan yang ideal di manual atau di belakang pintu pengemudi.

BACA JUGA  Update Harga Motor Matik Entry Level Januari 2021

2. Pantau kondisi mesin
Selalu pastikan mesin dalam kondisi baik dan tidak ada lampu peringatan yang menyala. Jika demikian, bawa mobil ke fasilitas perbaikan resmi agar masalahnya bisa teratasi.
Selain itu, bagian dalam mesin harus dibersihkan pada waktu tertentu agar bebas dari akumulasi karbon. Ganti oli secara teratur untuk performa mesin yang lebih efisien.

3. Kurangi “Ngegas”
Kurangi menginjak gas yang berlebihan di jalan yang padat. Biarkan mobil berjalan pelan jika macet. Injeksi gas yang berlebihan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

BACA JUGA  Hyundai Kona Electric Akan Dipasarkan di Indonesia Usai Lolos Uji

4. Pertahankan kecepatan mesin
Pastikan kecepatan mesin tetap rendah pada sekitar 2.000 RPM. Saat melakukan perjalanan jarak jauh, di jalan tol, kecepatan engine rendah dan gigi tinggi. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar per kilometer menjadi lebih irit dan kabin tidak berisik akibat putaran mesin yang rendah.

5. Gunakan mode eco
Mode mengemudi ECO tersedia untuk beberapa mobil. Berkat mode ini, perilaku gas disesuaikan untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

BACA JUGA  Tidak Ingin Kecewa? Cek Bagian Ini Saat Membeli Mobil Bekas

Leave a Comment