Pemerintah Akan Cairkan BLT Pekerja Tahap 4 Dalam Pekan Ini

Pemerintah Akan Cairkan BLT Pekerja Tahap 4 Dalam Pekan Ini

Kementerian Tenaga Kerja telah merencanakan pembayaran Bantuan Tunai (BLT) bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp. 5 juta fase 4 minggu ini. BLT diberikan kepada 2,8 juta karyawan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Sekretaris Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengaku telah menerima nama-nama calon penerima BLT dan proses checklist untuk memastikan nama yang diajukan memenuhi persyaratan yang ditetapkan sejak Kamis (17/9) lalu.

Ida mengatakan prosesnya memakan waktu 4 hari kerja. Jika prosesnya berjalan lancar, BLT akan dibayarkan dalam 1-2 hari ke depan.
“Kemarin kami mendapat data baru dari BPJS Ketenagakerjaan untuk 2,8 juta calon penerima. Mudah-mudahan gelombang keempat diproses sesuai dengan juklak,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (17/9).

Secara total, 11,8 juta pekerja telah dipilih untuk menerima BLT sejak gelombang pertama. Rinciannya, 2,5 juta penerima di gelombang pertama, disusul 3,5 juta karyawan di gelombang kedua, dan di tahap ketiga ada 3 juta penerima.

Ia membenarkan telah menyelesaikan proses transfer gelombang ketiga pada Rabu (16/9) lalu.

Selain itu, BLT pekerja diharapkan dapat didistribusikan kepada 15,72 juta pekerja pada akhir tahun 2020. Bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan ini diberikan dalam dua kali transfer selama 4 bulan.

Artinya, setiap penerima manfaat akan menerima total Rp 2,4 juta yang ditransfer dalam dua tahap, atau Rp 1,2 juta per dua bulan.
Tidak hanya pekerja formal BPJS Ketenagakerjaan tetapi juga untuk 1,8 juta guru honorer.

Satgas Pemulihan Ekonomi dan Transformasi (PEN) mengklaim telah mendistribusikan BLT kepada 398.637 guru honorer dan pendidik pada 14 September 2020.
BLT untuk pegawai honorer bidang pendidikan merupakan bagian dari program BLT bagi pegawai dengan gaji dibawah Rp 5 juta.

“Hingga 14 September 2020, subsidi upah sudah didistribusikan kepada 398.637 pekerja honorer di bidang pendidikan,” kata Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin.
Ia melanjutkan, honorer pendidik yang mendapat bantuan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Satgas PEN menemukan bahwa program BLT untuk pegawai dengan gaji di bawah Rp5 juta telah dibayarkan sebesar Rp7 triliun per 14 September. Jumlah tersebut setara dengan 17,43 persen dari pagu anggaran sebesar Rp 37,87 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *