apakah langkah ini akan dihargai oleh Amerika dan akan menjadi kekuatan pendorong di balik kemenangan Trump dalam pemilihan mendatang.

Dampak Usaha Trump Damaikan Negara Arab-Israel Terhadap Pilpres AS

Pengumuman normalisasi dua negara Arab bersama Israel jelang gelaran pemilihan umum Presiden Amerika Serikat (AS). Namun, menurut para ahli, hal ini tidak akan berdampak besar pada pemilihan presiden AS.

Presiden AS Donald Trump memainkan peran penting dalam perjanjian normalisasi di mana ia menjadi perantara pembicaraan antara Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel. Ini menimbulkan pertanyaan apakah langkah ini akan dihargai oleh Amerika dan akan menjadi kekuatan pendorong di balik kemenangan Trump dalam pemilihan mendatang.

Daniel Pipes, seorang sejarawan, penulis, dan komentator Amerika, mengatakan bahwa dampaknya tidak banyak. Pasalnya, tidak banyak warga AS yang tertarik dan mengapresiasi berita tersebut.
“Saya sangat meragukan langkah ini akan mempengaruhi pemilu AS. Orang Amerika yang menghargai berita ini tidak banyak dan mungkin memilih Trump,” kata Pipes, seperti yang dilaporkan Sputnik.

Gabriel Ben-Dor, direktur studi keamanan nasional di Universitas Haifa di Israel, memiliki pendapat serupa. Dia mengatakan mereka yang mendukung kesepakatan ini sebagian besar berada di wilayah yang menjadi dasar Partai Republik AS.

“Basis republik di AS mencakup sejumlah besar orang Kristen Protestan yang sangat mendukung Israel, dan tidak diragukan lagi mereka yang paling menghargai inisiatif baru-baru ini dari pemerintahan Trump,” katanya.

“Trump mencari kesuksesan yang bisa dia raih di depan para pemilih AS. Mengingat semua masalah yang dia miliki dengan virus corona dan kerusuhan di kota-kota besar, dia mencari sesuatu yang baik dan spektakuler untuk dihadirkan sebagai kesuksesan” , ujarnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *