Orang Miskin Di Indonesia Bertambah 1,2 Juta Apabila Terjadi Resesi

Orang Miskin Di Indonesia Bertambah 1,2 Juta Apabila Terjadi Resesi

Penyebaran virus Covid-19 menjadi sentimen yang turut menekan perekonomian Indonesia. Ekonom Indef Abra PG Talattov memperkirakan Indonesia akan berada di ambang resesi pada kuartal III. Artinya, Indonesia dipastikan termasuk salah satu dari 45 negara yang dilanda resesi.

“Pada triwulan III Juli-September, Indonesia akan mengikuti 45 negara yang memasuki zona resesi,” kata Abrar dalam diskusi virtual, Minggu (20 September 2020).
Dia mengatakan kesenjangan resesi ini akan meningkatkan kemiskinan dan pengangguran. Selain itu, diperkirakan 1,2 juta kemiskinan akan meningkat di pedesaan dan perkotaan.

“Selain potensi resesi ekonomi dan peningkatan kemiskinan pedesaan, kemiskinan dapat meningkat hingga 1,2 juta orang.
Covid-19 berdampak paling besar di pedesaan, yang tercermin dari upah pekerja pertanian dan konstruksi di perkotaan, upah riil pekerja riil berbeda, dan lebih rendah di pedesaan, ”jelasnya.

Dia menambahkan, pekerja kelas menengah juga harus mulai mengatur pos pengeluaran mereka. Tindakan pencegahan harus diambil untuk mencapai penghematan.
Selain menabung, masyarakat diimbau untuk mencari peluang relaksasi kredit. Kami memiliki komitmen jangka panjang seperti pembayaran cicilan atau kendaraan , katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *