Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Anda Mendaki Gunung

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Anda Mendaki Gunung

Pendakian gunung merupakan salah satu kegiatan olah raga di alam bebas yang cukup sulit. Dibutuhkan daya tahan atau kondisi fisik yang prima untuk mendaki gunung.
Banyaknya barang yang dibawa untuk trekking atau jalur pendakian yang sulit merupakan tantangan yang diharapkan pendaki untuk bisa berkemah atau mencapai puncak gunung.

Pendaki juga harus menyesuaikan dengan kondisi alam di sekitar gunung agar bisa mendaki ke puncak gunung. Angin kencang, suhu dingin, kekurangan oksigen dan hewan penghuni gunung perlu diperhatikan saat mendaki gunung.

Climbers perlu mewaspadai kejadian yang tidak terduga, seperti: Tergelincir saat memanjat, tersesat atau diserang oleh binatang buas. Berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan saat pendakian:

1. Carrier

Carrier atau yang lebih sering dikenal dengan tas gunung merupakan salah satu hal terpenting yang harus disiapkan sebelum mendaki gunung.
Operator dibutuhkan untuk menempatkan berbagai perangkat. Pengangkut tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 40, 60, 90 hingga 100 liter.

Pilih operator yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin mendaki gunung dalam waktu singkat, pilihlah kapal pengangkut berukuran 40-60 liter.
Namun, jika Anda melakukan perjalanan cukup lama selama berhari-hari, pilihlah carrier berukuran 90-100 liter.

2. Sepatu bot gunung dan sandal

Saat mendaki kita secara alami menemukan karakter medan yang berbeda. Sepatu penting untuk melindungi kita saat mendaki. Gunakan sepatu gunung untuk keamanan ekstra saat mendaki.
Karena sifatnya yang tertutup, sepatu gunung melindungi kaki kita dengan lebih baik dari benda dan hewan di area pendakian.
Namun sandal gunung tetap perlu dipakai sebagai pengganti jika sepatu rusak atau jika kita ingin mengistirahatkan kaki saat mencapai puncak.
Kaki kita juga harus disuplai udara agar nyaman. Pilih boots hiking yang tidak licin agar tidak terpeleset saat berjalan di tanah basah.

3. pakaian

Selain sepatu, pakaian juga menjadi item penting yang tidak boleh luput dari perhatian saat mendaki gunung. Untuk baju kita perlu menyiapkan berbagai macam baju seperti jaket, celana, jas hujan, headwear, sarung tangan, kaos kaki dan lain sebagainya.

Jaket merupakan bagian penting untuk melindungi tubuh Anda, terutama saat Anda mendaki gunung dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut. ingin mendaki. Jaket dibutuhkan agar suhu tubuh kita tetap terjaga dalam keadaan dingin agar terhindar dari hipotermia.

Selain jaket, penting juga memakai celana saat hiking. Pilih bahan yang nyaman sesuai kebutuhan. Jas hujan dan tutup kepala juga merupakan pakaian yang tidak boleh ketinggalan untuk dikenakan.
Jas hujan atau ponco bisa digunakan tidak hanya untuk melindungi badan saja tapi juga untuk melindungi pemakainya karena ukuran jas hujan umumnya lebar.

4. Makan dan minum

Pikirkan berapa banyak makanan dan minuman yang akan Anda bawa dalam perjalanan mendaki gunung. Cobalah untuk memilih makanan yang kaya karbohidrat untuk memberikan banyak energi. Bawalah alat minum yang efisien agar rak bagasi tidak terlalu membebani.

5. Tenda, kantong tidur dan matras

Tenda adalah “rumah” perlindungan saat mendaki. Tenda melindungi kita dari dingin dan binatang buas. Pilih ukuran tenda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kantong tidur merupakan salah satu benda yang digunakan saat anda ingin istirahat atau tidur dalam wisata pendakian. Kantong tidur harus dibawa untuk memberikan kehangatan maksimal pada suhu dingin di malam yang dingin. Dengan menggunakan kantong tidur, kita dapat mengurangi risiko terjadinya hipotermia.

Selama wisata pendakian, kasur berfungsi sebagai alas tidur. Pilih kasur dengan bahan yang nyaman, apalagi jika Anda perlu tidur di permukaan yang penuh batu.

6. Senter dan alat komunikasi / navigasi

Senter diperlukan untuk pendakian malam hari. Pilih senter dengan pencahayaan yang mampu menembus kabut. Ada banyak jenis senter yang tersedia di pasaran saat ini. Demi keamanan dan kenyamanan, pilihlah headlight agar tangan Anda tidak terganggu saat harus berkonsentrasi berjalan.

Sekalipun sinyal di gunung terkadang lemah, alat komunikasi dan navigasi harus dibawa bersama Anda selama tur pendakian. Alat navigasi memudahkan kita dalam memberikan petunjuk arah selama pendakian.

7. Pisau dan kantong sampah

Pisau yang sangat diperlukan dibawa untuk membersihkan cabang atau semak. Selain itu pisau juga dapat digunakan untuk perlindungan diri dari bahaya binatang buas dan kebutuhan memasak.
Sementara itu, kantong sampah harus dibawa untuk membuang sampah saat mengemudi. Kebersihan gunung harus selalu dijaga. Oleh karena itu, usahakan selalu membawa kantong sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.

8. Obat-obatan

Obat-obatan merupakan barang penting yang harus dibawa di dalam gerbong untuk mengatasi penyakit atau cedera saat mendaki gunung. Obat yang harus diminum antara lain obat antipiretik, pereda nyeri, obat anti alergi, obat asma, obat diare, dan salep antibiotik untuk mengobati lecet.

9. Persiapan fisik

Untuk persiapan fisik, Anda perlu melakukan pemanasan atau olah raga kecil minimal 2 bulan sebelum pendakian. Ini berguna untuk pelatihan fisik dalam pendakian gunung di semua area. Ketahanan fisik dibutuhkan untuk dapat mendaki tanpa merasa kelelahan yang ekstrim.

Olahraga yang tepat untuk Anda, seperti berenang, jogging, atau lari. Anda bisa menjadi bugar untuk mendaki gunung dengan diet teratur dan istirahat yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *