Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dan Tidak Akan Merusak Rasa

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dan Tidak Akan Merusak Rasa

JENGKOL mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Banyak orang menyukai olahan jengkol, namun tidak sedikit pula yang menghindarinya karena baunya yang menyengat.

Semur jengkol, jengkol balado, jengkol manis pedas serta beberapa olahan jengkol semakin nikmat jika menggunakan jengkol dengan benar. Nah, @kokikutv punya beberapa tips cara mengolah jengkol agar tidak berbau.

Pilih jengkol yang berkualitas, segar dan tua

Pilih jengkol yang baik dan tua yang kulitnya berwarna coklat tua dan bertekstur keras saat dibelah. Daging jengkol yang berwarna gelap berwarna kuning dan bertekstur lembut. Jengkol tua baunya lebih sedikit dibandingkan jengkol muda.

Rendam jengkol dalam air es atau air kapur sirih

Perendaman dipercaya dapat menghilangkan bau jengkol dan menetralisir rasa. Untuk menghilangkan bau jengkol, rendam dalam air dingin atau air es semalaman. Anda juga bisa merendam jengkol dalam air kapur sirih atau susu.

Masak dengan daun jeruk purut dan daun jambu biji

Cara memasak jengkol dengan benar agar tidak berbau dimasak dengan daun jeruk dan jambu biji. Tidak hanya menghilangkan bau, tetapi juga menghilangkan rasa pahit jengkol. Dan jangan terlalu lama memasak jengkolnya agar tidak hancur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *