Etika Dan Aturan Yang Wajib Dipahami Para Bikers Saat Riding

Etika Dan Aturan Yang Wajib Dipahami Para Bikers Saat Riding

Mengendarai sepeda motor tidak selalu berkaitan erat dengan unsur keselamatan dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. Selain dua hal tersebut, ada etika yang harus dipahami pengendara sepeda motor saat berpergian.
Menurut Johanes Lucky Margo Utomo, Kepala Bagian Keselamatan PT Astra Honda Motor (AHM), etika dan rasa hormat kepada pengguna jalan raya merupakan poin penting saat mengendarai sepeda motor.

“Misalnya tidak melanggar peraturan lalu lintas dan tidak melawan arus yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, atau tidak melakukan aktivitas di luar mengemudi, seperti mengobrol, bercanda, karena hal ini mengurangi konsentrasi sebagai pengemudi,” kata Lucky dalam pernyataan resminya pada Jumat (18/9/2020).

Lucky juga berpesan kepada pengendara sepeda motor untuk tidak merokok dan sembarangan meludah saat berkendara. “Kegiatan ini tidak hanya membahayakan diri Anda sendiri tetapi juga pengemudi lain yang berisiko terkena dampak negatif abu, puntung rokok, virus atau kuman yang terbawa air liur. Yang terpenting jangan lupa sholat dulu sebelum mengemudi,” lanjut Lucky. .

Sebelum mengendarai sepeda motor, penting juga untuk memastikan kesehatan jasmani dan rohani. Anda harus melakukan inspeksi kendaraan secara teratur dan melakukan pemanasan sebelum mengemudi. Selain itu, perlengkapan berkendara merupakan faktor penting dalam menjaga keselamatan, kenyamanan dan kesehatan.

“Kami tidak menganjurkan mengendarai sepeda motor tanpa perlengkapan berkendara. Kami harus menggunakan perangkat mengendarai sepeda motor agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Tubuh kami harus dilindungi dari efek tabrakan, benda asing, cuaca, atau bahkan mengintai virus dan penyakit.” dia berkata.

Setidaknya ada 5 perlengkapan yang wajib digunakan bikers saat mengendarai sepeda motor yaitu helm, jaket riding, sarung tangan, celana dan sepatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *