Fakta Terkait BLT Subsidi Gaji Tahap 4 Yang Akan Cair Hari Senin

Pembayaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam bentuk subsidi gaji akan terus berlanjut. Sejauh ini, pembayaran sudah memasuki tahap keempat.
Saat ini, pemerintah sudah memiliki data pekerja berpenghasilan 2,8 juta dari bantuan sosial (bansos). Tapi kapan BLT bisa langsung dibayarkan?

Berikut fakta tunjangan gaji BLT level 4, Sabtu (19 Agustus 2020):

1. Menaker menerima data penerima BLT

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya telah mendapatkan data baru dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) tentang penerima bantuan subsidi upah (BSU) gelombang keempat.
Data yang diterima berjumlah hingga 2,8 juta akun penerima potensial.
“Sesuai juknis, checklist akan kami proses selama empat hari kerja mulai hari ini. Kami akan mengecek kesesuaian data yang dikirimkan BPJSTK,” kata Ida.

2. Proses pencairan BLT kementerian Tenaga Kerja

Dengan diterimanya 2,8 juta data calon penerima BSU, Kementerian Tenaga Kerja akan memproses tahap keempat pembayaran BSU segera setelah proses checklist selesai. Persyaratan, proses, dan ketentuan masih sama dengan batch sebelumnya.

3. Senin Cair

Proses verifikasi ini dilakukan untuk mengadaptasi data yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Proses verifikasi memakan waktu empat hari.
Setelah verifikasi, bantuan bisa segera dibayarkan. Artinya, subsidi upah bisa dibayarkan jika pengecekan dilakukan sejak Kamis mulai Senin.
“Mulai hari ini kami akan membuat checklist empat hari. Ini akan kami gunakan untuk memverifikasi kesesuaian data BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ida.

4. Belum menerima BLT? Lihat hal berikut

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak menerima Tunjangan Gaji / Subsidi Upah.

1. Tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan
2. Perusahaan tempat bekerja belum mendaftarkan nomor rekening pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan
3. Dukungan subsidi gaji / upah diberikan secara bertahap
4. Data dan akun karyawan masih diperiksa.

5. Update realisasi pembagian gaji BLT bersubsidi

Pemerintah sudah membayar subsidi upah ini tiga kali lipat. Pada gelombang pertama, pemerintah melakukan transfer kepada 2,5 juta penerima.
Pada gelombang kedua, transfer dilakukan ke 3 juta penerima. Dan pada gelombang ketiga yang baru dilaksanakan, pemerintah menyerahkan bantuan kepada 3,5 juta pekerja penerima subsidi upah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *