Karena Alasan Corona, China Larang Impor Produk Seafood Indonesia

China melarang impor makanan laut dari perusahaan Indonesia. Pasalnya, kemasan produk tersebut dinyatakan positif virus corona.

Menurut informasi di situs China Customs, PT Putri Indah mengetahui produk seafood yang masuk daftar hitam Beijing. Pihak berwenang menemukan partikel virus korona tertentu menempel di kemasan ikan buntut rambut beku.

Perusahaan yang sudah masuk daftar hitam China itu disebut-sebut bermarkas di Sumatera Utara. Namun, perusahaan tidak menanggapi permintaan komentar, baik pesan teks maupun panggilan telepon dari media.

Dalam laporan Bloomberg pada Sabtu (19/9/2020), pihak berwenang China membuka penyelidikan terhadap makanan laut impor, daging, kemasan bahkan wadah dengan dugaan potensi sumber virus corona SARS-CoV-2, yang mana sejak Juni setelah berulang kali menemukan jejak patogen tertentu yang diketahui.

Meski begitu, menurut kebiasaan China awal bulan ini, hanya sekitar enam dari 500.000 sampel yang positif terkena virus corona. Negara yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping itu sebelumnya melarang impor produk lain, yang meliputi daging beku, sayap ayam Brasil, dan bahkan udang Ekuador, setelah dinyatakan positif Covid-19.

Meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) telah mengklaim bahwa sebenarnya tidak ada bukti bahwa Covid-19 dapat ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan tertentu, para peneliti China mengklaim bahwa mereka masih dapat menemukan virus corona pada salmon dingin tertentu. mungkin benar-benar menular selama lebih dari seminggu.

Perhatian telah meningkat di seluruh dunia dan meskipun dulunya adalah ASF atau Flu Babi Afrika yang meskipun tidak berakibat fatal bagi manusia tetapi dapat berakibat fatal bagi babi lain, gelombang pasang telah berubah dan semua orang waspada terhadap tanda-tanda Virus corona.

Selain ASF, bea cukai juga harus menangani flu burung, yang ditularkan oleh unggas – seringkali ayam – yang berpotensi berbahaya tetapi belum tentu berakibat fatal. Dengan virus Corona menjadi topik pembicaraan, bea cukai telah meningkatkan kewaspadaan mereka untuk mencegah kemungkinan risiko kesehatan di negara mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *