Kloningan Motor Sport Ninja ZX-10R Dari China Namanya Finja 500

Produsen sepeda motor China kerap membuat tiruan produk sepeda motor yang populer di pasaran. Tak hanya motor berkapasitas kecil tapi motor besar (Moge) kini melirik China untuk bikin versi palsu.

Setelah pabrikan sepeda motor asal China membuat tiruan dari BMW S 1000 RR dengan nama Moto S450RR, kali ini membuat tiruan dari Kawasaki Moges yang mengikuti ajang WSBK yaitu Ninja ZX-10R. Nama motor tiruan ini cukup unik, yaitu Finja 500 yang sedikit menyisir ukuran nama ‘Ninja’.

Kemiripan Kawasaki Ninja ZX-10R dan Finja 500 terlihat dari sisi desain yang cukup identik. Kemiripan terlihat pada fasia, lampu depan, dan lampu belakang yang tampil sporty. Satu-satunya perbedaan terletak pada desain lampu sein di kaca spion dan lampu LED.

Dari segi mesin, perbedaannya cukup besar. Jika Ninja ZX-10R memiliki mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 998 cc, maka Finja 500 hanya memiliki mesin 2 silinder dengan kapasitas 500 cc yang menurut informasinya sendiri bisa menghasilkan tenaga hingga 50 hp.

Moge asal China ini mendukung sistem pengereman dan juga dibekali dengan fitur ABS (anti lock braking system) yang dapat mencegah roda mengunci saat pengereman dalam keadaan keras. Juga di depan adalah roda pendaratan Upside Down (USD) yang dapat meningkatkan penanganan.

Finja 500 dipasarkan di China dengan nilai sekitar Rp 28,7 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *