Waspada Covid-19, Ini Cara Aman Pesan Makanan di Restoran

Sejak memasuki normal baru, orang sudah mulai pergi ke restoran atau tempat makan untuk memesan langsung, padahal mereka tidak diperbolehkan makan di tempat.
Namun, diberitakan dari berbagai sumber masih ada klaster penularan virus corona dari restoran atau restoran belakangan ini.

Misalnya, klaster restoran Rawon di Probolinggo telah menghasilkan 15 kasus baru karyawan yang dinyatakan positif COVID-19. Atau cluster restoran di Bogor dengan 8 kasus positif dan 17 orang yang berhubungan dekat dengan cluster ini.
Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui bagaimana cara mengurangi risiko terpapar saat memesan makanan langsung di restoran agar cluster baru tidak muncul nantinya.

Berikut beberapa tips aman memesan makanan di resto saat new normal.

Pilih restoran dengan protokol kesehatan

Banyak restoran yang belum menerapkan protokol kesehatan, mengatur jarak saat mengantri atau membungkus makanan yang dibawa pulang dengan benar. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko penyebaran.

Oleh karena itu, pilihlah restoran yang telah menerapkan protokol kesehatan dan menjamin kebersihan produk makanannya. Meski bukan restoran favorit Anda, setidaknya Anda tidak terkena virus yang lebih berbahaya.

Tetap gunakan masker

Mulai dari antrian pesan makanan, menunggu makanan hingga makanan terlihat di depan mata, ada baiknya selalu gunakan masker. Orang juga perlu disiplin sambil menunggu pesanan makanannya. Jika ada orang lain yang tidak memakai topeng, bisa juga diingatkan dengan sopan.

Gunakan pembayaran tanpa uang tunai

Membayar belanjaan dengan e-wallet atau pemindaian barcode lebih aman. Dengan pembayaran tanpa uang tunai, tidak ada sentuhan, yang biasanya menjadi penyebab utama.
Sediakan juga disinfektan pada tisu untuk membersihkan kartu pembayaran jika Anda harus memberikannya kepada kasir.

Jangan menyentuhnya sembarangan

Kurangi menyentuh meja pembayaran sebanyak mungkin. Saat menunggu pesanan makanan, ada baiknya untuk tidak berada di sekitar orang lain atau duduk di meja dan menunggu. Selalu jaga kebersihan diri dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat menerima pesanan makanan dari pelayan restoran.

Ini adalah beberapa tip aman untuk memesan makanan di restoran saat masih baru dalam keadaan normal. Selain tips tersebut, Anda juga bisa memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus saat berada di luar rumah. Makan menu sehat dan multivitamin seperti Samcorbex yang bisa menjadi solusi tepat untuk menjaga tubuh Anda tetap aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *