Baik Untuk Kesehatan, Ini 5 Variasi Makanan Pengganti Nasi

Beras adalah makanan pokok bagi banyak orang dan bisa menjadi tambahan ringan yang enak untuk hidangan beraroma. Namun nasi – terutama nasi putih – mungkin tidak cocok untuk semua kebutuhan nutrisi.

Misalnya, orang yang mencoba makan lebih sedikit karbohidrat atau lebih sedikit kalori menginginkan alternatif yang lebih ringan seperti kembang kol rasa. Selain itu, gantilah nasi dengan pilihan alternatif sehat seperti biji-bijian lainnya.

Ada banyak alternatif pengganti nasi yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan kesehatan atau sekadar menambahkan variasi pada makanan Anda. Berikut 5 makanan pengganti nasi yang baru-baru ini dilansir Healthline.

1. Quinoa

Pengganti nasi yang populer ini bebas gluten dan mengandung lebih banyak protein daripada nasi. Faktanya, setengah cangkir (92 gram) porsi quinoa matang menyediakan 4 gram protein, atau dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama.

Quinoa adalah protein lengkap, artinya mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ini membuatnya menjadi sumber protein yang bagus untuk vegetarian. Quinoa merupakan sumber mineral esensial magnesium dan tembaga, yang berperan penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang.

Untuk memasak, campurkan satu bagian quinoa kering dengan dua bagian air dan didihkan. Tutup dan kecilkan api, didihkan sampai semua air terserap. Angkat quinoa yang sudah matang, diamkan selama 5 menit, lalu haluskan dengan garpu. Jika Anda sensitif terhadap gluten, belilah quinoa yang bersertifikat bebas gluten karena risiko kontaminasi silang.

2. Irisan brokoli

Seperti kembang kol berbumbu, brokoli split adalah alternatif nasi yang cerdas untuk orang-orang yang menjalani diet rendah karbohidrat atau rendah kalori. Kandungan nutrisinya mirip dengan irisan kembang kol, dengan setengah cangkir (57 gram) mengandung sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Brokoli parut juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan setengah cangkir (57 gram) menyumbang lebih dari 25% dari nilai harian. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan.

Seperti kembang kol, brokoli belah dapat dibuat dengan memarut brokoli dengan parutan kotak atau memotongnya di dalam food processor, kemudian merebusnya dengan sedikit minyak dengan api sedang. Beberapa toko bahan makanan juga menjual brokoli cincang di dalam freezer.

3. Nasi shirataki

Nasi shirataki adalah alternatif nasi populer lainnya untuk para pelaku diet yang rendah karbohidrat dan kalori. Varietas beras ini terbuat dari akar konjak yang berasal dari Asia dan kaya akan serat unik yang disebut glukomanan. Menurut kemasan produknya, dalam porsi 85 gram nasi Shirataki tidak mengandung kalori sama sekali.

Glukomanan, serat utama dalam akar konjak, sedang dipelajari untuk banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk kemampuannya untuk membuat penghalang pelindung di sepanjang lapisan usus. Namun, tetap perlu makan nasi shirataki dalam jumlah besar untuk mengonsumsi glukomanan dalam jumlah besar.

Untuk membuat nasi shirataki, bilas hingga bersih dengan air, rebus selama 1 menit, lalu panaskan dalam wajan dengan api sedang hingga kering. Membilas nasi shirataki sebelum dimasak akan mengurangi baunya yang khas.

4. Kubis cincang

Kubis cincang adalah alternatif lain yang bagus untuk nasi. Kubis rendah kalori dan tinggi karbohidrat dengan rasa ringan yang melengkapi banyak gaya memasak. Kubis adalah sumber vitamin C dan K yang kaya, dengan setengah cangkir (75 gram) masing-masing menyumbang 31% dan 68% dari sumber harian.

Vitamin K membantu mengatur pembekuan darah dan sirkulasi darah. Ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Untuk memasak kubis cincang, potong kubis kecil-kecil dengan pisau atau gunakan food processor. Kemudian masak dengan sedikit minyak dengan api sedang hingga empuk.

5. Freekeh

Freekeh seperti barley dan farro adalah produk gandum utuh. Makanan ini berasal dari bibit gandum yang dipanen saat masih berwarna hijau. Freekeh tinggi protein dan serat. 1/4 cangkir (40 gram) porsi makanan kering menyediakan 8 atau 4 gram nutrisi penting ini.

Selain itu, porsi yang sama mengandung 8% dari kebutuhan zat besi harian, yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Freekeh dimasak dengan cara merebus dua bagian air, kemudian kecilkan api menjadi sedang dan didihkan hingga empuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *