Demostrasi Warga Israel Tolak Rencana Lockdown Gelombang Kedua

Ratusan warga Israel turun ke jalan-jalan di Tel Aviv untuk memprotes rencana lockdown fase kedua. Karantina merupakan cara mengatasi lonjakan kasus Virus Corona (COVID-19).
Menurut AFP, protes itu dilakukan pada Kamis malam (17 September 2020). Rencananya, Israel akan melakukan lockdown kedua pada Jumat (18/9).

Menurut sensus AFP, Israel memiliki tingkat infeksi virus kedua yang tercatat di dunia setelah Barain. Ada 172.000 kasus Corona di Israel dengan 1.163 kematian dari populasi sembilan juta.

“Perekonomian terjun bebas, orang kehilangan pekerjaan, mereka tertekan,” kata Yael, salah satu pengunjuk rasa di pantai Tel Aviv.
“Dan semua untuk apa? Bukan untuk apa pun,” kata mantan karyawan sebuah firma arsitektur yang kehilangan pekerjaannya saat wabah korona.

Awalnya, Israel dipuji luas karena menahan penyebaran penyakit COVID-19 dengan lockdown pada Maret lalu. Namun, pemerintah mengaku terlalu cepat mengendur.
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengumumkan di televisi nasional bahwa pemerintah tidak punya pilihan.

“Sistem kesehatan telah mengibarkan bendera merah. Kami melakukan segala kemungkinan untuk mencapai keseimbangan antara kebutuhan kesehatan (publik) dan kebutuhan ekonomi,” kata Natanyahu, Kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *