200 Orang Napi Kabur dari Penjara Uganda Bawa Senjata dan Amunisi

KAMPALA – Lebih dari 200 narapidana telah melarikan diri dari sebuah penjara di timur laut Uganda dan menghentikan aktivitas di kota tersebut saat pasukan keamanan berusaha melacak mereka.

Menurut BBC, para tahanan diduga membunuh seorang tentara setelah mereka meninggalkan fasilitas Moroto dan melarikan diri ke pegunungan. Mereka dilaporkan membawa sedikitnya 15 senjata api dan amunisi.

Tentara dan petugas penahanan segera menindaklanjuti. Seorang juru bicara militer mengatakan dua tahanan ditangkap dan dua tewas.

BACA JUGA  Demostrasi Warga Israel Tolak Rencana Lockdown Gelombang Kedua

Fasilitas penjara dibangun di kaki Gunung Moroto, pinggiran kota dengan nama yang sama. Narapidana melepas seragam penjara kuning mereka dan melarikan diri telanjang ke pegunungan agar tidak ditemukan.

Laporan lokal mengatakan baku tembak telah membuat bisnis di Moroto macet. Moroto adalah kota terbesar di Karamoja, wilayah yang bergolak dengan sejarah pencurian ternak dan kekerasan senjata.
Program pelucutan senjata pemerintah pada awal tahun 2000-an mengambil sebagian besar senjata dari tangan warga sipil, tetapi bentrokan sporadis antara komunitas yang berbeda terus berlanjut.

BACA JUGA  Kelompok Bersenjata Sudan Sepakat Berdamai Dengan Pemerintah

Leave a Comment