Vietnam Akan Buka Kembali Penerbangan Internasional Terbatas

Pemerintah Vietnam akan membuka kembali penerbangan internasional ke enam negara Asia mulai Jumat depan (18 September) setelah ditutup selama beberapa bulan untuk mencegah merebaknya virus corona (Covid-19).

Penerbangan terbatas untuk warga negara Vietnam, diplomat, ahli, manajer, pekerja terampil, investor dan keluarga mereka, seperti yang dilaporkan Associated Press, Rabu (16 September). Sejak itu mereka tidak menerima kedatangan turis asing.

Menurut laporan yang diposting di situs web online pemerintah, terdapat penerbangan mingguan yang menghubungkan dua kota terbesar Vietnam, Hanoi dan Ho Chi Minh, ke tujuan di Korea Selatan, Jepang, Cina, dan Taiwan.

Sementara itu, penerbangan yang menghubungkan kota-kota Vietnam ke Kamboja dan Laos akan dilanjutkan minggu depan.

Untuk dapat naik ke pesawat, penumpang harus memiliki surat keterangan setidaknya lima hari sebelum tanggal keberangkatan, yang menyatakan bahwa mereka dinyatakan negatif virus corona. Saat tiba, penumpang juga akan dikarantina terlebih dahulu.

Pemerintah Vietnam menangguhkan penerbangan internasional pada 1 April 2020. Karena penutupan tersebut, maskapai nasional Vietnam Airlines memperkirakan akan kehilangan pendapatan $ 650 juta bulan lalu pada tahun 2020.

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang mendapat pujian dari berbagai pihak atas penanganan pandemi Covid-19. Buktinya, tidak ada kematian akibat virus corona di negara ini dalam dua bulan terakhir.

Sementara itu, jumlah kumulatif kasus positif corona di Vietnam mencapai 1.063 orang, dengan total 35 kematian akibat virus tersebut, dan 931 orang berhasil sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *