10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Redakan Radang Tenggorokan

Makan atau menelan bisa sangat menyakitkan saat Anda mengalami sakit tenggorokan. Meski kesulitan makan dan minum, tubuh tetap membutuhkan asupan gizi untuk mempercepat proses pemulihan.
Namun, apa yang dikonsumsi tidak bisa sembarangan. Ada makanan dan minuman tertentu yang aman dikonsumsi saat Anda sedang sakit tenggorokan karena mudah tertelan dan bisa mengurangi peradangan.

Sakit tenggorokan yang disebabkan virus sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, dibantu tentunya dengan mengonsumsi makanan sehat, dan tidak membuat rasa nyeri semakin parah.

Tahukah anda 10 jenis makanan dan minuman yang harus dikonsumsi saat sakit tenggorokan, agar tubuh terus mendapat nutrisi dan mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Cara Dan Bahan Herbal Alami Berikut Ini Bisa Menghilangkan Rasa Nyeri

1. bubur

Beda menu bubur ayam bakar ayam macan ini cocok disantap saat anda sedang sakit tenggorokan karena mudah menelan
Bubur seperti santapan wajib bagi masyarakat Indonesia saat sakit. Teksturnya yang lembek membuatnya mudah untuk ditelan dan menyediakan sumber karbohidrat untuk penambah energi.
Makanlah dalam keadaan hangat, jangan terlalu panas agar tidak mengiritasi tenggorokan lagi.

2. Sup hangat

Ilustrasi sup tahu. Sup tahu dan sup ayam bisa menjadi pilihan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan
Selain bubur, semangkuk sup hangat dikatakan bisa membantu melancarkan saluran udara, yang bisa meredakan gejala sakit tenggorokan.

Sup dalam sup dapat meredakan sakit tenggorokan dan menghalangi pergerakan sel darah putih, yang membantu sistem kekebalan Anda melawan infeksi.
Kaldu hangat juga meningkatkan pergerakan lendir hidung, menjaganya tetap terhidrasi, dan sedikit garam di dalamnya membantu tubuh menahan cairan.

Baca juga: Ayo Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan Konsumsi Ramuan Herbal

3. pisang

Haluskan pisang: Teksturnya lembut tapi bergizi dan cocok untuk dimakan dengan radang tenggorokan
Tekstur buah yang lembut dan banyak kandungan nutrisinya cocok untuk dikonsumsi untuk radang tenggorokan. Pisang juga kaya vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Anda bisa menikmatinya sendiri atau dicampur dengan sedikit madu atau sebagai taburan di atas semangkuk gandum hangat.

4. Kentang tumbuk

Kentang Tumbuk: Tekstur kentang tumbuk yang halus dapat dengan mudah ditelan bagi yang sakit tenggorokan
Kentang tumbuk atau kentang tumbuk lembut, sehingga menjadi pilihan yang bagus jika Anda mengalami sakit tenggorokan. Anda tidak perlu mengupas kulitnya, merebus atau mengukusnya dan menghaluskannya bersama daging.

Kulit kentang mengandung magnesium, vitamin C, dan antioksidan yang mempercepat regenerasi. Kentang mungkin tidak sesehat beberapa pilihan lain dan mengandung gula, tetapi teksturnya yang halus dapat dengan mudah menelan sakit tenggorokan.

5. Bubur

Ilustrasi Oatmeal: Semangkuk oatmeal hangat mudah untuk ditelan dan mencegah iritasi pada tenggorokan
Dikutip dari Medical News Today, antioksidan dan magnesium dalam gandum membantu mengurangi peradangan, sedangkan seng membantu kekebalan dan penyembuhan.
Selain itu, oatmeal mudah dicerna di usus karena mengandung serat dan bahan yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Teksturnya yang lembut membuat semangkuk oatmeal hangat mudah ditelan dan mencegah iritasi tenggorokan.
Campur juga dengan satu hingga dua sendok makan madu untuk manfaat kesehatan tambahan.

6. Jus buah alami

Smoothie hijau dengan alpukat, brokoli, bayam, kiwi, dan apel dalam gelas di atas batu tulis abu-abu, latar belakang beton. Buah dan sayur yang dijus atau smoothie dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penderita radang tenggorokan
Jus buah alami adalah suplemen makanan yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jika nafsu makan Anda memburuk, mengonsumsi satu atau dua gelas jus buah sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda secara umum dan meredakan sakit tenggorokan.
Hindari jus buah kemasan karena tinggi gula dan pengawet, yang dapat memperparah sakit tenggorokan.

Anda bisa mengikuti resep di bawah ini: sayuran hijau, alpukat, susu atau air, buah-buahan beku lainnya, sedikit jahe, dan kunyit. Semua bergabung dan nikmati selagi masih segar.

Baca juga: Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk yang Mudah Ditemui Dirumah

7. Delima

Ilustrasi buah pome: Buah delima atau pome dapat melawan infeksi pada radang tenggorokan
Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima dapat melawan infeksi dan mengurangi peradangan.
Selain antioksidan, buah delima mengandung astringen yang dapat meningkatkan kontraksi jaringan tubuh dan mengurangi pembengkakan di tenggorokan, yang pada akhirnya meredakan nyeri.

8. Kunyit

Olahan yang siap dikonsumsi ditempatkan dalam wadah berukuran galon. Kebanyakan penjual jamu mengatakan selai asam adalah jamu “adem-ademan” atau jamu “fresh-fresh”, yang bisa diartikan selai untuk menyegarkan atau mendinginkan tubuh. Ada juga yang mengatakan bermanfaat untuk menghindari mulas atau sariawan serta mendinginkan perut. Seorang penjual jamu mengatakan jamu jenis ini tidak cocok untuk ibu yang hamil di usia muda karena haidnya lancar. Ada juga pedagang jamu yang merekomendasikan minum jamu asam jawa untuk membantu kelancaran haid. Jakarta. Senin, 7 Agustus 2017. CNN Indonesia / Andry Novelino Herbal kunyit dapat dikonsumsi untuk menyegarkan tubuh dan tenggorokan serta mengobati sakit maag atau sariawan.
Kunyit adalah antioksidan kuat yang digunakan untuk meningkatkan ketahanan sel terhadap kerusakan, infeksi, dan pembengkakan.

Kandungan kurkuminnya banyak digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan peradangan. Anda bisa menyeduh kunyit dengan air hangat atau sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

9. Madu

Ilustrasi Madu Mencampurkan madu dalam minuman hangat dapat mempercepat penyembuhan infeksi virus dan bakteri
Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, hindari makanan yang terlalu manis yang terbuat dari gula. Alternatifnya, Anda bisa memilih madu sebagai pemanis alami. Madu bertindak sebagai penghalang terhadap infeksi virus dan bakteri dan dapat membantu Anda pulih lebih cepat.

Namun, tetap batasi konsumsinya tidak lebih dari satu sendok makan per hari.

Baca juga: Tidak Hanya Hangatkan Badan, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat!

10. Jahe

Air detoksifikasi kunyit: Air jahe hangat dapat mengurangi pembengkakan dan sakit tenggorokan
Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan sakit tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan dan nyeri. Jahe telah lama digunakan sebagai obat untuk menekan rasa sakit dan peradangan.

Padahal, kandungan aktif dalam jahe, gingerol, membantu mencegah mual. Tambahkan jahe dan madu ke dalam secangkir air panas atau seduh bersama dalam segelas teh dan lemon untuk berbagai manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *