Mengetahui Sumber Vitamin B12 Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Vitamin B12 adalah salah satu suplemen makanan yang paling banyak dibicarakan di tengah pandemi virus corona. Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal kesehatan Maturity melihat bagaimana vitamin B dapat membantu meredakan gejala Covid-19.

Studi yang dilakukan di Singapura, menemukan bahwa pasien yang menambahkan vitamin B12 (500 mcg), vitamin D (1.000 IU) dan magnesium menunjukkan penurunan keparahan gejala Covid-19, kebutuhan oksigen, dan dukungan perawatan intensif.

Apa Vitamin B12?

Nutrisi penting ini digunakan untuk membantu menjaga kesehatan saraf dan sel darah, menurut National Institutes of Health (NIH). Vitamin B12 juga membantu membuat DNA, materi genetik di semua sel, dan mencegah sejenis anemia yang disebut anemia megaloblastik, yang membuat orang lelah dan lemah.

BACA JUGA  Cara Mudah Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

“Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi neurologis dan metabolisme, termasuk pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. B12 digunakan untuk membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh,” kata Whitney English, ahli gizi terdaftar di Los Angeles, Today.

Vitamin B12 juga dibutuhkan untuk membuat mielin, lapisan pelindung yang mengelilingi sel saraf.

Dana Hunnes, ahli gizi senior di Ronald Reagan University of California, Los Angeles Medical Center, yang juga profesor di UCLA Fielding School of Public Health, menjelaskan bahwa tubuh membutuhkan vitamin B21, tetapi nutrisinya tidak dapat membuatnya sendiri. Namun, bila Anda bisa mendapatkan lebih banyak nutrisi ini dalam makanan yang tinggi vitamin B12.

BACA JUGA  Manfaat Herbal Kunyit Untuk Redakan Nyeri Sendi

Berikut ini adalah sumber makanan yang mengandung vitamin B12.
– ragi nutrisi
– Keju
– telur
– Susu
– yogurt.
– Sereal
– daging sapi, hati dan ayam
– Ikan; seperti tuna kalengan dan salmon

Leave a Comment