Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Tekanan Darah hingga Halusinasi

Setiap orang berhak atas jam tidur yang optimal, terutama pada malam hari. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup melalui tidur agar tubuh bisa lebih energik dan bersemangat untuk beraktivitas keesokan harinya.

Kurang tidur sebenarnya memiliki berbagai bahaya, apa sajakah itu? Berikut beberapa bahaya yang mengintai saat seseorang kurang tidur, seperti dikutip dari Independent.

Tekanan darah tinggi

Pola tidur yang buruk dapat meningkatkan tekanan darah. Dalam jangka panjang, hal ini terkait dengan peningkatan risiko penyakit seperti penyakit arteri koroner dan stroke. Orang dengan apnea tidur berisiko lebih tinggi untuk itu.

Tingkatkan jumlah kecelakaan

Jika kurang tidur pasti akan terasa mengantuk. Ini sangat berbahaya jika Anda harus mengemudikan kendaraan pada pagi hari karena dapat mengakibatkan kecelakaan.
Di Amerika Serikat, diperkirakan 100.000 kecelakaan di jalan raya terjadi setiap tahun karena pengemudi yang kelelahan, dan lebih dari sepertiga pengemudi mengatakan mereka tertidur saat mengemudi.

Kemampuan untuk membuat keputusan terganggu

Kurang tidur memengaruhi memori kerja visual. Ini membuat Anda sulit untuk membedakan antara apa yang relevan dan tidak relevan di lingkungan Anda, dan itu memengaruhi kecerdasan emosional, perilaku, dan kemampuan Anda untuk mengendalikan stres.

Meningkat berat badan

Kurang tidur memengaruhi kadar hormon yang berperan dalam mengatur nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan kadar leptin turun dan hormon kelaparan ghrelin meningkat. Jadi Anda cepat merasa lapar.

Gangguan mood

Masalah kesehatan mental berkaitan dengan gangguan tidur. Saat Anda kurang tidur, neurotransmiter di otak Anda berada dalam kekacauan. Ini mirip dengan gejala depresi, kecemasan, dan mania.

Halusinasi

Kurang tidur yang parah dapat menyebabkan halusinasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini dapat menyebabkan psikosis sementara atau gejala yang mirip dengan skizofrenia paranoid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *