Manfaat Herbal Bawang Merah, Sehatkan Jantung hingga Obati Alergi

Bawang merah merupakan salah satu jenis bawang merah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Tak hanya itu, bawang bombay juga dibuat menjadi bentuk lain seperti bawang goreng, ketimun atau tambahan untuk salad.

Bawang yang menyandang nama ilmiah allium cepa ini berasal dari Asia Tengah dan Tenggara kemudian menyebar ke India dan Mediterania bagian timur. Bawang merah kaya akan antioksidan dan beragam, termasuk quercetin, kaempferol, dan berbagai antioksidan sulfur. Antioksidan yang ditemukan dalam bawang merah berkontribusi pada berbagai manfaat kesehatan.

BACA JUGA  Jenis Masker Yang Tidak Efektif Mencegah Penularan Corona

Bawang merah memiliki beragam manfaat kesehatan selain rasanya yang kuat dan mudah ditemukan. Berikut ini adalah manfaat bawang merah yang dikelompokkan menjadi satu di berbagai lokasi.

Menyehatkan Jantung

Khasiat bawang merah, menyehatkan jantung untuk mengobati alergi. Allicin dalam bawang merah bermanfaat untuk melindungi jantung karena menghambat produksi kolesterol dan plak di arteri
Allicin dan quertin, antioksidan yang ditemukan pada bawang merah, dipercaya memiliki sifat antihipertensi. Diyakini bahwa allicin dapat melindungi jantung dengan meningkatkan status antioksidannya dan menurunkan tingkat spesies oksigen reaktif.

BACA JUGA  Perlu Anda Ketahui Jamu Bukan Untuk Bunuh Virus Tapi Untuk Imunitas

Lebih penting lagi, allicin merangsang produksi glutathione, antioksidan utama yang memiliki beberapa efek menguntungkan pada kesehatan. Bawang juga dapat menghambat produksi enzim penyebab kolesterol dan mencegah penumpukan plak di arteri.

Hal tersebut karena senyawa yang terdapat pada bawang merah dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu bawang merah merupakan sumber kalium yang juga baik untuk jantung.

Turunkan gula darah Anda

Bawang merah dikenal sebagai obat antidiabetik alami karena efek hipoglikemik pada bawang merah dapat merangsang sekresi insulin, yang dapat mengurangi respons peradangan yang terkait dengan diabetes dan penyakit autoimun lainnya.

BACA JUGA  6 Makanan Sehat Yang Dapat Mengatasi Masalah Nyeri Saat Menstruasi

Makan bawang merah dalam jumlah besar telah terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Leave a Comment