Tips Aman Mengemudi Mobil Saat Cuaca Hujan Deras

Hujan deras yang disertai angin kencang bisa terjadi mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa musim hujan di 342 zona musiman (ZOM) secara umum mulai Oktober 2020 dengan 119 ZOM (34,8%), pada November 2020 dengan 131 ZOM (38,3%) adalah ramalan. dan pada Desember 2020 hingga 56 ZOM (16,4%).

Banyak yang bertanya-tanya apakah aman mengendarai mobil saat hujan deras. Mengemudi di tengah badai bukanlah ide yang baik. Hujan deras dan angin menimbulkan risiko baik bagi pengendara sepeda motor maupun mobil.

BACA JUGA  MG Gloster Calon Pesaing Toyota Fortuner Segera Diluncurkan

Kondisi ini meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara akibat banjir, jalan berlumpur, atau tersumbat dengan puing atau pohon tumbang.
Jika Anda terjebak dalam hujan lebat dengan angin dan petir, Anda disarankan untuk menutup jendela dan tetap berada di dalam mobil.

Sesuaikan kecepatan mobil dan jarak dengan kendaraan di depan Anda. Berikan ruang ekstra pada mobil lain, terutama jika jalanan basah, karena pengereman atau penghentian akan lebih sulit.
Kecepatan angin juga harus diperhitungkan karena dapat menyentak mobil. Demikian dilansir The Sun, Senin (14/9/2020).

BACA JUGA  Limited Edition Vespa Primavera Sean Wotherspoon

Hujan deras pasti akan membatasi pandangan. Karenanya, wiper kaca depan dan lampu depan Anda sangat penting.
Dalam kondisi ekstrim, disarankan untuk berhenti dengan aman di pinggir jalan raya, menyalakan lampu peringatan bahaya, mematikan mesin, meletakkan tangan di pangkuan dan menunggu hujan deras reda.

Leave a Comment