Seragam Satuan Pengamanan (SATPAM) Terbaru Mirip Seragam Polri

Satuan pengamanan atau yang lebih dikenal dengan satpam kini memiliki seragam baru yang menyerupai baju aparat kepolisian. Seragam yang tadinya putih dan memakai celana / rok biru itu kini senada dengan kemeja polisi berwarna coklat itu. Tak hanya pakaian, topi petugas keamanan juga mirip polisi.

Baju satpam dilengkapi dengan berbagai model mulai dari seragam biasa hingga seragam hijab hingga jas. Seragam tersebut juga disertai dengan tanda pangkat.
Karo Penmas, Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono menjelaskan, ada alasan kesamaan antara satpam dan polisi.

BACA JUGA  Fakta Terbaru Hilangnya KRI Nanggala-402 yang Belum Ditemukan

Di antara mereka diharapkan terjalin kedekatan emosional antara polisi dan aparat keamanan. Kemudian mempromosikan keamanan petugas keamanan sebagai operator dari fungsi polisi yang dibatasi.
“Tugas aparat juga diagungkan. Selain itu, pemanfaatan fungsi kepolisian di tengah masyarakat terus ditingkatkan,” ujarnya, Senin (14/9/2020) di Mabes Polri.

Awi juga mengatakan, pakaian dinas satpam diatur dalam Peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Republik Indonesia tentang Keamanan Diarahkan Sendiri.
Ada lima jenis pakaian dinas yang dikenakan oleh aparat keamanan beserta jajarannya.

BACA JUGA  Pemerintah Bentuk Tim Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19

‚ÄúPakaian Dinas Harian (PDH); Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus); Pakaian Dinas Lapangan (PDL Satu); Pakaian Sipil Harian (PSH); Pakaian Sipil Lengkap (PSL),” ujarnya.

Menurut Awi, pemberlakuan seragam dan atribut anggota satpam sebelumnya diatur dalam peraturan Kepala Kepolisian Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah tetap dapat digunakan.

Tapi wajib menyesuaikan dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa.

“Paling lambat 1 tahun terhitung sejak Peraturan Kepolisian ini diundangkan,” ucap dia.

BACA JUGA  Wakil Ketua KPK Nyatakan Alasan Banyak Pegawai Yang Mundur

Leave a Comment