Masalah Kontroversi Majalah Perancis Charlie Hebdo Semakin Panjang

Edisi baru karikatur kontroversial Nabi Muhammad oleh majalah satir Prancis Charlie Hebdo Long Tail. Pasca ancaman Al Qaeda, warga Istanbul memprotes majalah tersebut.
Terbitnya kartun Nabi, yang dilarang dalam Islam, menandai dimulainya persidangan atas penyerangan itu lima tahun lalu. Sedikitnya 12 orang tewas dalam serangan pada 7 Januari 2015 itu,

Termasuk kartunis terkenal Prancis. Saat itu, Said dan Cherif Kouachi bersaudara sedang melakukan penembakan brutal di kantor Charlie Hebdo di Paris setelah majalah mingguan menerbitkan kartun Nabi Muhammad yang memicu kemarahan di kalangan umat Islam. Dunia.

Pengadilan terhadap 14 terdakwa, yang merupakan kaki tangan para penembak, diadili pada tanggal 2 September. Sidang terhadap kasus ini akan berlanjut hingga November mendatang. Pelaku langsung baku tembak, termasuk Kouachi bersaudara, tewas dalam baku tembak dengan polisi pada saat itu.

Cetak ulang kartun Nabi Muhammad menuai kritik di banyak negara, khususnya Pakistan, Turki, dan Iran. Direktur Charlie Hebdo Laurent Sourisseau, yang kini berada di bawah perlindungan ketat, bersikeras bahwa pihaknya harus menerbitkan ulang kartun tersebut.

“Jika kami merelakan hak untuk menerbitkan kartun ini, itu berarti kami salah (dari awal),” kata Sourisseau, yang terluka parah dalam penembakan 2015 itu.
Al-Qaeda juga membuat ancaman baru terhadap majalah satir Prancis. Al-Qaeda mengancam akan mengulangi pembantaian pekerja Charlie Hebdo, seperti yang terjadi di Prancis pada 2015.

Seperti yang dilaporkan AFP pada Sabtu (12 September 2020), ancaman yang ditimbulkan oleh Al-Qaeda dilaporkan oleh kelompok pengintai militan SITE Observatory. Al-Qaeda memperingatkan dalam publikasi “one ummah” bahwa Charlie Hebdo secara keliru percaya bahwa serangan 2015 adalah peristiwa “satu kali”.

Ancaman tersebut disampaikan oleh Al-Qaeda dalam terbitannya edisi bahasa Inggris yang dimaksudkan untuk menandai ulang tahun serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh jaringan teroris ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *