Kebiasaan Buruk Yang Tidak Disadari Dapat Merusak AC Mobil

AC merupakan salah satu kebutuhan mutlak untuk kenyamanan sebuah mobil yang dipasarkan di Indonesia. Perjalanan tentunya akan kurang nyaman jika AC mobil tidak lagi berfungsi secara maksimal.
Performa sistem pendingin udara yang menurun terkadang terkait erat dengan penggunaan oleh pemilik mobil. Setidaknya dilansir dari Auto2000, ada beberapa kebiasaan pengguna kendaraan yang bisa mempercepat kerusakan sistem pendingin udara kendaraan.

1. Sering merokok di dalam mobil

Rokok akan terbakar, meninggalkan debu halus dan mungkin masuk ke filter. Semakin sering Anda merokok di dalam mobil saat AC menyala, semakin besar kemungkinan abu rokok masuk ke filter AC. Abu rokok menyebabkan filter menjadi kotor dan kapasitas pendinginan di dalam kabin berkurang.

BACA JUGA  Yamaha Luncurkan Skutik Gear 125 Penantang Baru Honda Vario 125

2. Membuka kaca saat AC menyala

Baik di rumah atau di dalam mobil, AC direkomendasikan untuk digunakan di ruangan tertutup. Jika ruangan terbuka, fungsi AC kurang optimal. Dampak terhadap kinerja AC adalah kompresor bekerja lebih keras yang pada akhirnya menyebabkan AC cepat rusak.

3. Salah Pakai Pewangi

AC yang sejuk dan aroma favorit memang merupakan kombinasi kenyamanan kabin. Tapi apakah wewangian Anda cocok dipadukan dengan AC? Ada beberapa jenis bahan pengharum kabin mobil yang beredar di pasaran. Idealnya, parfum terbuat dari bahan cair di dalam mobil. Jika Anda menggunakan pewangi gel, gel tersebut dapat berubah menjadi gas dan menguap. Saat terkena dingin, uapnya bisa kembali ke bentuk gel dan menghalangi filter dan evaporator di AC.

BACA JUGA  Wrangler Rubicon Terbaru Dengan Teknologi Mesin Hybrid

4. Matikan mesin mobil saat AC menyala

Sebaiknya matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil. Karena saat mobil dihidupkan kembali maka AC akan bekerja secara otomatis yang akan membuat aki bekerja lebih keras. Arus listrik yang tidak stabil dan kurang optimal ini berdampak pada masalah kelistrikan AC.

5. tidak menjaga kebersihan

Kebersihan kabin tidak hanya memengaruhi kenyamanan penumpang, tetapi juga usia AC. Jangan biasakan meninggalkan sampah, kotoran, atau sisa makanan di dalam kabin. Sampah bisa mengeluarkan debu atau membawa debu yang bisa masuk ke filter AC.

BACA JUGA  Toyota New Fortuner Harganya Tembus Rp 700 Juta
Kata Kunci Popularparfume gel merusak ac atau tidak

Leave a Comment