Seorang Penyidik KPK Wafat Setelah Dirawat Karena Terpapar Covid-19

Plt Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan penyidik ​​tetap bertugas menyelesaikan kasus-kasus yang sedang ditangani meski berisiko terjangkit Covid-19.
“KPK akan terus berupaya menyelesaikan perkara, meski ada berisiko ,” kata Firli, Ahad, 13 September 2020.

Untuk itu, Ali mengimbau kepada jajaran KPK agar mematuhi protokol kesehatan. “Ada batasan waktu sesuai ketentuan undang-undang sehingga tentu saja akan segera dilakukan perizinan, namun dengan protokol kesehatan yang ketat baik untuk saksi maupun tersangka yang sedang diperiksa dan penyidik ​​KPK,” ujarnya.

Diketahui penyidik ​​KPK, Kompol Pandu Hendra Sasmita, meninggal dunia karena sakit. Pandu meninggal pada Minggu, 13 September 2020 pukul 15.03 WIB. Almarhum sebelumnya pernah dirawat karena terpapar Covid-19 di Rumah Sakit Polri namun telah pulih. “KPK sangat berduka atas meninggalnya salah satu penyidik ​​terbaiknya atas nama Kompol Pandu Hendra Sasmita, SIK, yang meninggal dunia karena sakit,” ujarnya.

Menurut Ali, sejauh ini 69 pegawai KPK dinyatakan positif. Dari jumlah tersebut, 31 orang telah dinyatakan sembuh dan 38 lainnya masih dalam isolasi mandiri. “Kami masih menunggu seluruh hasil swab test pegawai dan pihak terkait di lingkungan KPK yang dilakukan Senin hingga Jumat (7-11 September 2020) dengan 1.901 peserta,” ujarnya.

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, KPK kembali melakukan penyemprotan disinfektan di tiga lokasi, yakni di Gedung KPK Kuningan C1, di Gedung K4-KPK Merah Putih, dan di Lapas Guntur Pomdam Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *