Indonesia Tempati Urutan Ke 5 Ekonomi Syariah Dunia

Posisi Indonesia dalam peta ekonomi Islam global dapat dilihat pada pemeringkatan GIEI (Global Islamic Economy Indicator Score) yang memberikan gambaran menyeluruh tentang negara-negara yang saat ini mampu memanfaatkan peluang ekonomi yang ditawarkan oleh syariah global. GIEI menggunakan berbagai kriteria, termasuk Keuangan Islam, Makanan Halal, Perjalanan, Mode, Media dan Hiburan, serta Farmasi dan Kosmetik.

Di GIEI 2019/20. Indonesia menempati urutan ke-5 dengan total 49 poin, meningkat dari posisi sebelumnya yang ke-10 dengan total 45 poin. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan perkembangan Indonesia di kategori Islamic Finance, Modest Fashion dan Halal Media & Recreation menjadi faktor pendorong naiknya peringkat Indonesia di dunia.

BACA JUGA  Denda BPJS Dihapus Selama Pandemi, Benarkah?

Selain itu, penerbitan Master Plan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terdepan di dunia untuk mendorong perkembangan industri halal, ujarnya di Jakarta, Rabu (9/9/2020). ).

Pada tahun 2018, total kekayaan finansial svariah Indonesia mencapai USD 86 miliar, meningkat USD 4 miliar dari tahun sebelumnya. Dengan peningkatan total kekayaan tersebut, Indonesia menempati urutan ke 7 dengan total kekayaan Islam terbesar di dunia.

Menurutnya, dukungan pemerintah terhadap keuangan syariah dan inisiasi integrasi ekosistem keuangan syariah seperti industri halal dan dana sosial keagamaan dipandang sebagai faktor esensial untuk pengembangan lebih lanjut industri keuangan syariah Indonesia.

BACA JUGA  Peringati Hari Ulang Tahun, PT KAI Promo Diskon Tiket Kereta

Berdasarkan Islamic Finance Development Indicator 2019, Indonesia unggul dalam aspek keilmuan dan menempati urutan kedua setelah Malaysia. Posisi tersebut diperoleh karena Indonesia memiliki lembaga pendidikan keuangan syariah terbanyak dan merupakan negara kedua yang menghasilkan makalah penelitian keuangan syariah terbanyak.

Selain dari segi ilmu, Indonesia juga unggul dalam hal pemerintahan, khususnya dalam konteks pengaturan keuangan syariah. Indonesia adalah salah satu dari enam negara dengan kerangka peraturan keuangan Islam lengkap yang mencakup perbankan Syariah, Sukuk, reksa dana Syariah, asuransi Syariah, tata kelola Syariah dan akuntansi Syariah.

BACA JUGA  Ini Bocoran Soal Lanjutan Program Kartu Prakerja Gelombang 11

Leave a Comment