Gubernur DKI Jakarta Katakan PSBB Sudah Direstui Pemerintah Pusat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim pemerintah pusat telah memberikan lampu hijau kepada rencana pemberlakuan kembali semua pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI untuk menekan laju penyebaran Covid-19.
Menurut Anies, pemerintah pusat juga menyadari kasus Covid-19, khususnya di DKI Jakarta, justru meningkat signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

Dari segi dukungan, dukungan. Pemerintah mendukung. Pemerintah pusat melihat kenaikan signifikan pada September. Kita dukung dan akui bersama, ”kata Anies, Sabtu malam (12/9) di Kompleks Balaikota Jakarta.

Kantor kepresidenan sebelumnya menjawab bahwa pelaksanaan PSBB di DKI harus berkoordinasi dengan kementerian. Pasalnya, penerapan PSBB akan berdampak pada sejumlah sektor.

Melalui Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, Presiden Joko Widodo juga menilai pembatasan sosial skala mikro (PSBM) atau masyarakat lebih efektif digunakan untuk mendisiplinkan protokol kesehatan.

Pada Sabtu (12/9), Anies menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah pusat yang diwakili oleh tim satgas Covid-19 . Dalam pertemuan itu, Gubernur DKI juga berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Anies juga dikabarkan membahas seluruh rencana PSBB dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim, selaku otoritas di kawasan penyangga ibu kota.

Dari hasil pertemuan tersebut, Anies mengatakan pemerintah pusat mendukung rencana penerapan kembali seluruh PSBB di ibu kota. Menurutnya, baik Pemprov DKI maupun pemerintah pusat sadar sektor ekonomi sulit bergerak tanpa menyelesaikan masalah kesehatan.

“Kita sama-sama menyadari bahwa ekonomi tidak mungkin bisa bergerak tanpa menjaga kesehatan kita. Kita sama saja, besok kalau kita lihat detailnya akan lebih jelas,” ujarnya.
Mengenai detail hasil rapat, Anies mengatakan akan diumumkan secara detail hari ini, Minggu (13/9).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *