Tujuh Tujuan Wisata Yang Ada Di Lombok Nusa Tenggara Barat

Lombok menjadi viral di Twitter setelah memenangkan hati pengguna internet dibandingkan dengan wisata Yogyakarta. Untuk para traveller, berikut adalah jajaran destinasi wisata di Lombok.
Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki destinasi wisata yang beragam, baik pegunungan maupun pantai. Di pulau dengan luas 4.800 kilometer persegi ini juga menawarkan kuliner khas yang nikmat yang akan menarik wisatawan.

Di antara destinasi wisata di Lombok mana yang menjadi favorit kamu?

Berikut 7 destinasi wisata Lombok yang bisa traveler pilih untuk dikunjungi nanti atau bahkan mampir:

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berada 3.727 meter di atas permukaan laut. Untuk mendaki gunung ini memiliki dua jalur resmi: Sembalun dan Senaru.
Selain puncak, pendaki memburu Danau Segara Anak yang sangat indah. Danau Segara Anak
Menurut warga Sembalun, Rinjani dianggap sebagai pelindung Pulau Lombok, sedangkan Segara Anak merupakan penampung air dunia.

2. Desa adat Beleq

Desa adat Beleq merupakan cikal bakal masyarakat Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Situs ini diapit oleh dua bukit yaitu Gunung Rinjani, Pergasingan dan Selong.
Seluruh desa adat bisa dilihat dari puncak Bukit Selong. Desa Beleq memiliki tujuh rumah adat yang menjadi tempat tinggal tujuh kepala keluarga baru setelah desa sebelumnya habis pada tahun 1257 akibat amukan Gunung Samala.

Rumah adat ini terbuat dari jerami atau daun jerami dengan dinding terbuat dari anyaman bambu. Lantainya dari lantai yang dinaikkan di atas lantai setelah dilapisi kotoran sapi.
Bangunan baris pertama terdiri dari empat rumah, sedangkan baris kedua terdiri dari tiga rumah. Tepat di ujung deretan rumah ada dua lumbung di kiri dan kanan untuk menyimpan makanan.

3. Pantai Senggigi

Sejumlah pengunjung menikmati suasana Pantai Batu Bolong di Senggigi, Kabupaten Batulayar, Lombok Barat, NTB pada Rabu (15 Juli 2020). Lombok dan Bali termasuk di antara sepuluh pulau teratas di Asia dalam Penghargaan Terbaik Dunia, yang diselenggarakan oleh media global Travel + Leisure, berdasarkan jajak pendapat pembaca tentang aktivitas, pemandangan alam, atraksi alam, pantai,

makanan, keramahan, dan peringkat liburan secara keseluruhan di pulau di Asia.
Pantai Senggigi adalah salah satu ikon wisata Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 km yang membentuk teluk ini terletak di dekat Mataram.

Di Pantai Senggigi traveler bisa bermain pasir, berenang, menyaksikan sunset, dan snorkeling. Jalan raya mulus di sepanjang pantai ini menjadi jalur bagi para pengendara sepeda balap.

4. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau kecil tidak jauh dari Lombok. Traveler bisa menggunakan kapal umum untuk menuju pulau tersebut.
Di Gili Trawangan, traveler bisa sekadar bersantai di tepi pantai, snorkeling, bergabung dengan grup diving, atau mengelilingi pulau.

Gili Trawangan juga memiliki banyak kafe, restoran, dan kehidupan malam. Pulau ini bebas dari kendaraan bermotor.

5. Gili Meno

Gili Meno terletak di barat daya Lombok, tepat di tengah Gili Air dan Gili Trawangan. Traveler bisa mencapai pulau kecil ini dengan speed boat dari Bali atau public boat dari Senggigi.
Gili Meno, yang relatif sepi, cocok untuk bulan madu. Traveler bisa berjemur, berenang, dan menyelam di air jernih. Ada juga penangkaran penyu di sini.

6. Gili Air

Gili Air juga cukup sepi. Traveler bisa menikmati pasir putih sambil menikmati minuman segar di sini.
Tur matahari terbenam dan menyelam juga ditawarkan di sini.

7. Taman Narmada

Narmada terletak di kaki Gunung Rinjani di desa Lembuak di Lombok Barat, sekitar 10 km dari Mataram. Taman ini memiliki kolam air (pemandian air tua) dan pura yang dibangun sebagai replika keagungan Rinjani. Taman Narmada menawarkan wisatawan kesempatan untuk memasuki kuil yang berisi air suci. Seorang musafir bisa membasuh wajahnya dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *