Pendaftar Kartu Prakerja Sudah Lebih 20 Jt, Kuota Hanya 3,8 Jt Peserta

Kementerian Koordinator Perekonomian (Menko Ekonomi) menemukan bahwa pelamar kartu pra-kerja telah mencapai 22 juta orang.
Sementara itu, hingga gelombang ketujuh, pemerintah baru mengidentifikasi sedikitnya 3,8 juta orang sebagai penerima kartu pra kerja.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dari 3,8 juta peserta yang terdaftar, Airlangga mengatakan 1,6 juta orang telah menyelesaikan pelatihan dan 933.000 di antaranya telah mendapatkan insentif.

“Hingga saat ini, lebih dari 22 juta orang telah mendaftar dan 3,8 juta orang telah Ditetapkan akan mendapatkan kartu pra-kerja. Selain itu, 1,6 juta orang telah menyelesaikan pelatihan dan telah mendapatkan insentif Rp 933.000,” kata Airlangga melalui radio. Press, Sabtu (12/9/2020).

Airlangga menuturkan program Kartu Pra Kerja kini diposisikan sebagai bantuan semi sosial (bansos) pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja, PHK, dan pekerja informal terdampak Covid-19. adalah. Program ini memberikan dukungan biaya pelatihan dan insentif dengan total dukungan sebesar Rp 3,5 juta untuk 5,6 juta penerima.

Ia juga menyampaikan bahwa program ini akan terus ditingkatkan ke depannya dengan membuka pendaftaran dan pelatihan secara offline dengan mempertimbangkan faktor wilayah

Dimana Balai Latihan Kerja Masyarakat (BLK) dapat menjadi penyelenggara pelatihan untuk program Kartu Pra Kerja, khususnya untuk menggalakkan pelatihan secara offline di daerah yang infrastruktur teknologi komunikasi masih terbatas. “BLK tentunya harus memenuhi kriteria yang ditentukan,” kata Airlangga.

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah melaporkan ada 1.113 BLK sejak diterbitkan pada 2017. Pembangunan 1.000 BLK masyarakat direncanakan pada tahun 2020.
“Saat ini kami sedang memperluas sosialisasi dengan melibatkan serikat pekerja. Mulai tahun 2020 akan ada beberapa BLK serikat pekerja dan serikat pekerja berbasis masyarakat,” kata Ida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *