Cara Cepat Detoksifikasi Dan Pulihkan Kondisi Tubuh Anda

Akhir pekan sering kali digunakan sebagai hari ketika Anda makan lebih bebas dari biasanya. Ini bukan hal yang buruk, ditambah suasana liburan membutuhkan sesuatu yang santai tentang makanan.
Namun, jika digunakan terlalu sering, mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat mengganggu metabolisme atau menyebabkan gangguan metabolisme.

“Gangguan metabolisme bisa terjadi dalam bentuk penambahan berat badan, tekanan darah tinggi dan kolesterol, kurang energi, mengidam makanan dan insomnia,” jelas Sarah Asay, direktur nutrisi dan pengembangan produk di BistroMD.

BACA JUGA  Berbelanja Online Jadi Lifestyle Baru Disaat Pandemi Covid-19

Tubuh sebenarnya memiliki mekanisme detoksifikasi alami. Namun, Anda bisa mempercepat proses detoks untuk meredakan gejala gangguan metabolisme. Tubuh bisa terbebas dari racun selama cukup 24 jam.

Berikut Cara Mendetoksifikasi Tubuh Yang Harus Dilakukan Dalam 24 Jam.

1. Banyak tidur

Asay mengatakan membiarkan tubuh banyak tidur adalah salah satu cara detoksifikasi. Ini seperti menekan tombol restart. Tidur, katanya, dikaitkan dengan penurunan berat badan, penurunan kadar kortisol, dan stres.

BACA JUGA  4 Langkah Mudah Agar Kamu Terlihat Lebih Muda

Ini mungkin hal termurah dan termudah untuk dilakukan. Ciptakan saja suhu sejuk di dalam ruangan dan tutup mata Anda.
Carielle Nikkel, Ahli Gizi dan Direktur Nutrisi di Persona Nutrition, menambahkan: Tidur yang cukup juga berarti memberi tubuh waktu dan ruang untuk membersihkan diri dari racun.

2. Segelas air saat bangun tidur

Saat bangun tidur, yang terbaik adalah minum segelas air. Asay mengatakan tubuh tidak mendapatkan asupan cairan apapun saat jam-jam tidur. Segelas air memberikan kelembapan saat Anda bangun, menyegarkan tubuh dan memasok sel dengan energi.

BACA JUGA  Wow! Janda Bolong Dijual Hingga Rp 100 Jutaan Perbatang

Sementara itu, Nikkel mengatakan sangat penting menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan menjaga kadar gula darah.

3. Lakukan peregangan sejenak

Luangkan beberapa menit untuk melakukan peregangan. Peregangan membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan aliran darah ke otot, dan meningkatkan detak jantung. Kabar baiknya, aktivitas kecil ini pun bisa membantu Anda membakar kalori.

Setelah melakukan peregangan, Anda dapat mengabdikan diri untuk aktivitas fisik lainnya seperti kardio dan latihan beban.

“Kuncinya adalah memastikan tubuh Anda bergerak setiap hari. Sirkulasi darah meningkat dan membawa oksigen serta nutrisi ke seluruh organ dan jaringan sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan lebih efektif,” kata Nikkel.

BACA JUGA  Anda Berkeinginan Operasi Plastik, Berikut Perkiraan Harga Di Korsel, Thailand Dan AS

4. Hindari alkohol

“Alkohol beracun bagi tubuh kita, yang berarti ketika kita mencerna, tubuh kita memetabolisme alkohol sebelum sumber energi lain,” kata Asay.
Tubuh akan fokus pada alkohol dan sumber kalori lainnya akan disimpan sebagai lemak. Sebagai gantinya, Anda bisa minum minuman yang lebih bergizi seperti teh herbal, kaldu, atau air putih.

5. Konsumsi suplemen

Pastikan asupan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, mulai dari makronutrien hingga mikronutrien. Namun terkadang nutrisi tersebut tidak cukup tercukupi dari makanan saja, sehingga kita membutuhkan bantuan suplemen nutrisi. Beberapa jenis zat gizi, seperti vitamin D dan zat besi, sulit didapat dari makanan.

BACA JUGA  Masalah Kulit Yang Sering Jadi Keluhan Wanita Indonesia

Leave a Comment